Beasiswa Unggulan Kemdikbud Majukan Pendidikan Indonesia


Pendidikan Indonesia saat ini sudah mulai kelihatan kemajuannya, dilihat dari banyaknya siswa/i yang melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, baik dari S1, S2 bahkan S3.

Kesadaran masyarakat Indonesia untuk menuntut ilmu semakin baik dan banyak masyarakat melanjutkan pendidikan bukan hanya di dalam negeri, tapi sudah banyak masyarakat Indonesia melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Pendidikan merupakan faktor signifikan dalam pengembangan karakter bangsa. Karena melalui pendidikan semua potensi anak dikembangkan dengan memfungsikan pendidikan formal (sekolah), informal (keluarga) dan non formal (masyarakat) secara berkelanjutan. Itu artinya pendidikan tidak boleh stagnan dan harus terus dilaksanakan dan di kembangkan untuk menjamin masa depan bangsa yang lebih baik (Syafaruddin, 2013:1).

Disamping itu, posisi pendidikan keluarga, sekolah dan pendidikan luar sekolah perlu di optimalkan dalam situasi lingkungan pendidikan yang terus berubah di era globalisasi dan kemajuan saat ini. Setiap anak perlu mendapat pembinaan yang terarah, terencana dan terpadu agar terbentuk kepribadian yang cerdas, terampil, dan mandiri dalam memecahkan masalah kehidupan, baik keluarga maupun dalam masyarakat.

Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah banyak membuat terobosan baru untuk kemajuan pendidikan Indonesia, diantaranya program penawaran besiswa, baik beasiswa unggulan secara online, beasiswa mandiri, bidik misi dan lain-lain.

Program yang telah berjalan ini, membuat masyarakat termotivasi untuk terus belajar dan tidak menghambat cita-cita mereka menjadi orang sukses, karena selama ini banyak masyarakat ingin belajar lebih tinggi tapi terbentur biaya pendidikan yang mahal, kebijakan yang telah dibuat pemerintah, khususnya di bidang pendidikan (Kemdikbud) merupakan ide yang baik untuk meperbaiki sistem pendidikan dan mengejar ketertinggalan dari negara maju, sehingga pendidikan kita telah mengalami peningkatan dan minat masyarakat dalam melanjutkan pendidikan.

Program yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memberikan kesempatan/apresiasi bagi para pemuda Indonesia yang berprestasi.

Sebagaimana yang diungkapkan Kepala Biro Perencanaan, Kemdikbud bahwa dalam rangka meningkatkan daya saing di segala bidang baik untuk para aktivis, khususnya mutu pendidikan dan pengembangan potensi sumber daya daerah yang dinilai masih sangat rendah, Kemdikbud mencanangkan program beasiswa unggulan tingkat nasional dan internasional. Tujuan utama dari beasiswa, adalah untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia Indonesia yang mendukung pembangunan.

Sudah kelihatan, fakta di lapangan. kontribusi Beasiswa Unggulan dalam memajukan pendidikan diantaranya sangat membantu masyarakat untuk melanjutkan pendidikan yang di inginkan, Sebagai seorang mahasiswa pasti berharap beasiswa seperti ini terus dilaksanakan dan di kembangkan oleh pemerintah dan semakin tersosialisasikan kepada mahasiswa berprestasi lainnya, khususnya bagi mereka yang kurang mampu, dapat menerima beasiswa tersebut demi mencerdaskan anak bangsa.

Kontribusi Beasiswa Unggulan tampak jelas dalam dunia pendidikan kita, program yang telah berjalan dan sangat diharapkan mahasiswa untuk mencapai cita-citanya. Beasiwa yang diberikan kepada siapapun asalkan memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan dari pemerintah. Kontribusi terhadap sebuah instansi juga terlihat dari kerjasma antara Kementrian dan instansi pendidikan yang bersangkutan, sehingga nampak jelas tujuan dan sasaran dari penerima beasiswa.

Mahasiswa berharap, semoga program ini berjalan lancar tepat sasaran, dan pencairan dana yang tepat waktu, agar mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tidak memikirkan biaya, hanya fokus belajar dan motivasi belajar yang tinggi. kita harus menjadi lebih baik dan pendidikan Indonesia harus mampu bersaing dengan Negara lain. Education for all and Indonesia pasti bisa!!!

* Mahasiswi S2 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) (syamsdhl@gmail.com)

Referensi : Inilah.com

0 Response to "Beasiswa Unggulan Kemdikbud Majukan Pendidikan Indonesia"

Post a Comment