1 Rahasia Menjadi Remaja Sukses di Bidang Akademik


Studi yang digelar di Amerika Serikat (AS) mengungkap, remaja yang rutin bergerak dengan intensitas sedang hingga tinggi minimal 15 menit per hari mampu meningkatkan nilai akademiknya.

Lembaga kesehatan di AS, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan remaja dan dewasa muda untuk bergerak dan melatih fisik dengan durasi minimal 60 menit per hari. 

Latihan fisik yang disarankan adalah intensitas menengah atau tinggi sebanyak tiga kali dalam seminggu. Bentuk aktivitas yang disarankan adalah yang menguatkan otot, seperti memanjat, serta menguatkan tulang, seperti melompat.

Dalam studi ini para periset menginvestigasi hubungan antara durasi dan intensitas aktivitas harian anak-anak serta hubungannya dengan performa akademis. Temuan penelitian ini didasarkan pada sampel representatif yang mencapai sekitar 5.000 anak berusia 11 tahun. Mata pelajaran yang diikutsertakan dalam tes ini adalah Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Penelitian ini memperkuat hipotesa awal bahwa olah fisik harian angkat meningkatkan nilai anak. Hingga studi ini memberi jalan bagi para dokter untuk melihat efek baik olahraga pada otak anak.

"Kebaikan dari melakukan aktivitas fisik secara rutin tak hanya untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk pendidikan," kata dr Josie Booth, salah satu pemimpin penelitian, dikutip dari laman Beritasatu.com.

Aktivitas fisik yang rutin dengan intensitas sedang-tinggi sejak lama diperkirakan mampu memberikan stimulasi pada otak untuk membentuk sel-sel baru.

Senada dengan penelitian ini, beberapa waktu lalu di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America disebutkan, latihan fisik jenis aerobik, seperti berlari atau joging mampu memicu pertumbuhan sel-sel baru pada otak, meningkatkan memori, juga kemampuan untuk belajar hal baru.

Latihan fisik meningkatkan asupan jumlah oksigen pada otak, hingga meningkatkan aktivitas zat kimia baik pada otak sekaligus melindungi sel-sel otak.

0 Response to "1 Rahasia Menjadi Remaja Sukses di Bidang Akademik"

Post a Comment