5 Lowongan Kerja Yang Ditawarkan Kampus Pada Mahasiswa


Mencari kerja di lingkungan kampus ketika masih kuliah bisa menjadi hal yang menyulitkan bagi mahasiswa. Faktor seperti jarak kampus yang jauh, tidak memiliki kendaraan pribadi hingga luasnya lingkungan kampus bisa mempersulit pencarian kerja. Belum lagi kewajiban kuliah dan mengerjakan tugas.

Untungnya, mencari pekerjaan di lingkungan kampus enggak terbatas seperti yang terbayang. Kuncinya, kreativitas seperti dilansir dari Okezone.com :

1. Kantin
Banyak pekerjaan yang bisa kita lakukan di kantin, baik di lingkungan kampus maupun asrama. Kita bisa melayani pengunjung, mencuci peralatan masak dan makan yang kotor, atau membersihkan ruangan sebelum dan sesudah dipakai.

Pekerjaan-pekerjaan tersebut terbilang sederhana dan enggak menuntut kita memutar otak. Kadang, kita bisa mendapat makanan gratis.

2. Asisten asrama
Asrama kampus tentu memiliki satu orang yang mengurusi segala hal. Coba ajukan diri menjadi asisten asrama. Pekerjaannya memang menuntut kita siap siaga 24 jam sehari tujuh hari seminggu. Kita juga dituntut untuk berpikir dan bersikap lebih dewasa dalam menghadapi dan menyelesaikan berbagai masalah.

Asyiknya, kita enggak perlu keluar jauh untuk menjalankan pekerjaan ini. Selain itu, pengalaman menjadi asisten asrama akan terlihat bagus di resume dan menunjukkan kita sebagai pribadi yang bertanggung jawab. Demikian disitat dari College Cures, Minggu (10/11/2013).

3. Toko buku
Jika kampusmu memiliki toko buku, coba lamar pekerjaan di sana. Bekerja di toko buku juga enggak rumit, kok. Kita mungkin akan pusing di awal dan akhir semester karena semua mahasiswa nampaknya menjadi rajin membeli buku teks kuliah, tetapi siapa tahu kita bisa mendapatkan diskon lebih ketika ingin membeli buku.

Pekerjaan ini juga enggak terlalu menyita waktu. Jadi kita masih punya kesempatan belajar di malam hari atau jalan-jalan dengan teman-teman di akhir pekan.

4. Perwakilan kampus
Pekerjaan ini cocok untuk mahasiswa yang sangat mencintai kampusnya. Perwakilan atau duta kampus pasti dibutuhkan setiap kampus. Mereka akan membantu pihak kampus menjelaskan berbagai hal tentang kampus yang ingin diketahui masyarakat. Pada beberapa kesempatan, duta kampus juga akan menjadi pemandu dalam tur keliling kampus (jika ada) bagi calon mahasiswa atau mahasiswa baru.

Pekerjaan ini menuntut kita berinteraksi dengan orang lain. Ia juga membutuhkan kerja otak yang lumayan keras. Sebab, kita perlu mengingat fakta-fakta penting seputar kampus; dari sejarah hingga statistik dan tata ruang kampus. Pekerjaan ini juga akan terasa berat jika kampusmu termasuk besar.

5. Asisten Dosen
Pekerjaan ini cocok untuk mahasiswa yang bersemangat untuk kuliah dan memiliki otak encer he he he. Menjadi asisten dosen memang gajinya sedikit sih, tapi keuntungannya besar banget. Anda bisa akrab dengan dosen anda, menambah networking dalam bidang akademisi, ada kesempatan dapat rekomendasi dosen untuk program beasiswa dll. Kalau masih penasaran cari deh sendiri digoogle.

Selamat bekerja!

0 Response to "5 Lowongan Kerja Yang Ditawarkan Kampus Pada Mahasiswa "

Post a Comment