5 Hal Ini Bisa Menyebabkan Berkurangnya Daya Ingat


Tidak sedikit orang yang mengalami pelemahan daya ingat, atau penumpulan otak. Tetapi penyebab melemahnya daya ingat seseorang tidak harus dari faktor pendidikan, pergaulan ataupun lingkungan. Ada juga faktor dari genetika yang terbawa dari lahir. Berikut ini beberapa penyebab berkurangnya daya ingat :

1. Tidur
Penelitian mengatakan dengan tidur selama minimal 6 jam maka otak akan mengalami potensi maksimumnya, tidak hanya otak yang dapat istirahat yang cukup, tetapi organ lain juga akan melakukan regenerasi yang cukup saat badan tidur. Tidak hanya itu, dengan tidur maka kemampuan seseorang menghadapi stress akan meningkat. Maka tidurlah pada waktunya selama minimal 6 jam perhari.


2. Depresi
Depresi adalah kasus yang sering dijumpai ditengah masyarakat umum, dalam kalangan remaja ataupun orang tua. Depresi berat dapat menyebabkan pelemahan daya ingat, hal ini dikarenakan ketika sedang depresi maka saat itulah sistem kekebalan tubuh menurun, menurut Katherine Muller, “Bagi seseorang yang mengalami depresi mengalami kesempatan lebih tinggi untuk terserang penyakit pilek dan infeksi.”


Obat depresi sangat penting untuk dikonsumsi bagi penderita depresi berat, tetapi untuk pencegahan depresi hanya perlu olahraga 30 menit minimal 1x2hari untuk menjaga sistem kekebalan tetap sehat. Bisa juga melakukan aktivitas fisik untuk meminimalisir depresi tingkat berat.


3. Penyakit Diabetes
Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang sangat ditakutkan oleh masyarakat, naiknya tekanan gula dalam tubuh. Banyak pasien yang mengalami gagal sistem vaskular yang terus berlanjut, dan hal ini dapat membuat pengurangan sistem daya ingat. Pengobatan yang tepat terhadap penyakit-penyakit jantung, hati, paru, ginjal dan organ-organ lain juga mempengaruhi daya ingat, hal ini karena kurangnya pasokan nutrisi kepada otak. Maka penyakit dalam jangan dibiarkan lebih lanjut.


4. Tidak mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan
Untuk orang yang mengalami kecanduan mengkonsumsi alkohol, mereka akan mengalami degenerasi daya ingat otak, dan kecenderungan penyimpangan sosial, pecandu alkohol dan obat-obatan narkoba akan mengalami kekurangan daya ingat dalam jangka waktu dekat dan makin lama merusak daya ingat dalam jangka panjang, Dan pengguna obat-obatan selain merusak fungsi seksual. 


Penelitian pernah dilakukan pada seekor binatang yang diberi makan dengan campuran pil ekstasi, narkoba melemahkan sistem saraf sehingga binatang tersebut lebih lama bertindak untuk mendapatkan makanan. Bila binatang seperti itu, apalagi dengan manusia.

5. Kurangnya vit B12
Dapat dilihat dari kegunaan vitamin B12 yaitu menjaga kesehatan sistem saraf pada otak dan membantu pembentukan sel darah, vit b12 membantu menyalurkan oksigen ke otak, makanan yang mengandung B12 adalah daging, telur, keju dan sereal yang mengandung vit b12.


Sumber : Gudangsehat.com

0 Response to "5 Hal Ini Bisa Menyebabkan Berkurangnya Daya Ingat"

Post a Comment