Manfaat Berenang Untuk Kesehatan & Kecerdasan


Anda merupakan seseorang yang sangat suka berenang? Ternyata, aktivitas fisik ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan lebih dari yang Anda bayangkan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Horward Carter di University of Western Australia School of Sport Science mengatakan bahwa air yang meresap masuk ke dalam tubuh Anda mampu meningkatkan aliran darah di jantung dan arteri serebral otak. Sehingga kesehatan pembuluh darah akan meningkat dan fungsi kognitif otak juga bertambah, seperti dikutip dari laman Merdeka.com.

Penelitian ini mengambil 9 sampel laki-laki yang kemudian diminta untuk berenang. Setelah itu subyek penelitian ini diberikan waktu untuk beristirahat selama 10 menit. Dan kemudian tekanan jantung serta aliran darah mereka diteliti. Hasilnya, penelitian ini menunjukkan peningkatan aliran darah sebesar 14% pada arteri serebral tengah otak dan peningkatan aliran darah sebesar 9% di arteri serebral posterior.

"Sama seperti olahraga darat, berbagai jenis olahraga berbasis air seperti aerobik dan berenang memiliki efek yang baik untuk kesehatan fungsi jantung dan alirah darah di otak," kata Carter. Sehingga dia pun menyarankan agar Anda selalu rutin melakukan kegiatan fisik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

0 Response to "Manfaat Berenang Untuk Kesehatan & Kecerdasan"

Post a Comment