4 Kebiasaan Diusia Tua Yang Terjadi Pada Orang Muda


Tidak jarang saat ini orang-orang yang masih muda memiliki beberapa gejala yang biasa terjadi pada orang lanjut usia. Contohnya, kerap lupa hingga tangan gemetar. Hal yang menjadi pertanyaan yaitu, mungkinkah semua itu menandakan adanya proses penuaan dini dari sisi fungsi tubuh?

Dikutip dari Huffington Post, kebanyakan semua itu hanyalah kejadian yang berlangsung sesaat. Namun jika gejala terjadi secara berlanjut tetap memerlukan penanganan lebih serius. Berikut empat hal kebiasaan di usia tua yang kerap terjadi pada orang muda:


1.    Sering menjadi pelupa. Gangguan ingatan saat ini mulai mengincar orang-orang berusia muda. Penyebabnya cukup beragam seperti stres, sikap buru-buru, atau terlalu banyak minum alkohol. Namun tidak semua masalah gangguan ingatan lantas dihubungkan dengan penyakit seperti Alzheimer.  Perlu diamatai dulu sejauhmana tingkat keparahan dari lupa ingatan yang diderita. Jika lupa itu terjadi sesekali hanya dalam waktu singkat, yang kemudian ternyata mampu diingat kembali, maka kemungkinan yang terjadi adalah keterlambatan dalam mengingat dan bukan selalu tanda dari Alzheimer. Tapi jika lupa ingatan terjadi lebih parah, sebaiknya hubungi dokter saraf.


2.    Tangan bergemetar. Tangan yang mengalami tremor kerap dikaitkan dengan penyakit Parkinson. Namun kadang seseorang bisa pula mengalami tremor esensial yang tidak berbahaya. Misalnya, muncul gemetar kecil saat menulis atau memegang gelas.  Tremor seperti itu dalam kondisi jinak. Beberapa penyababnya adalah stres, pemakaian obat-obatan tertentu, atau terlalu banyak kafein. Hanya saja, bila tremor belum hilang dalam beberapa waktu lebih lama sebaiknya hubungi dokter ahli.


3.    Jantung berdebar. Selain karena gangguan pada jantung, jantung berdebar ada penyabab lainnya. Misalnya stres, emosi, berolahraga, dan sebagainya. Namun jantung berdebar tetap tidak boleh diabaikan bila terjadi cukup sering. Pada kondisi normal, jantung berdebar biasa terjadi dalam hitung detik hingga satu menit. Kalau lebih dari satu menit perlu mendapatkan diagnosa lebih jauh. Apalagi jika jantung berdebar terjadi saat bersantai, mungkin memang ada masalah dengan jantung.


4.    Tidak mampu mendengar suara bernada tinggi. Hal ini wajar terjadi ketika usia sudah menginjak 30-an tahun. Proses tersebut cukup normal sebagai bentuk penuaan dan tidak bermasalah. Tapi, kalau ada gangguan mendengar yang lebih parah, sebaiknya langsung dibawa ke dokter THT untuk penanganan lebih lanjut. Kadang muncul akibat penumpukan lilin di liang telinga atau ada hambatan pada aliran udara teinga.


Sumber : Aktualpost.com

0 Response to "4 Kebiasaan Diusia Tua Yang Terjadi Pada Orang Muda "

Post a Comment