Apakah Skor IQ Menentukan Kesuksesan Anda





Skor kecerdasan (Intelligence Quotient/IQ) merupakan ukuran kemampuan intelektual seseorang dalam memecahkan masalah. Ada beberapa jenis tes IQ, namun mayoritas menganalisis kemampuan visual, matematika, bahasa, memori dan kecepatan dalam memproses informasi.

Skor IQ rata-rata adalah 100. Lisa Van Gemert seorang psikolog, mengatakan bahwa orang yang memiliki IQ tinggi lebih dari rata-rata, berarti mempunyai kemampuan memanipulasi dan menginterpretasikan informasi lebih baik.

Namun, seperti dilansir laman CNN, skor IQ dapat berubah dari waktu ke waktu. Faktornya meliputi tingkat kemiskinan, nutrisi dan stres. Penelitian Nisbett telah menemukan, anak-anak dengan tingkat sosial ekonomi rendah yang diadopsi ke kelas menengah, IQ nya meningkat sekitar 15 sampai 20 poin.

Lanjut Van Gemert, skor IQ tinggi bukan jaminan seseorang akan sukses. Begitu juga skor IQ rendah tidak menjamin seseorang akan mengalami kegagalan. Semua itu tergantung dari kebiasaan, ketekunan dan etos kerja yang tak kalah penting dengan kecerdasan.

"Jika tidak mengembangkan kualitas-kualitas lain, Anda bisa menyia-nyiakan IQ tinggi Anda," ucap Van Gemert.

Sumber : Viva.co.id

0 Response to "Apakah Skor IQ Menentukan Kesuksesan Anda"

Post a Comment