Study Terbaru “Bahagia Bikin Lebih Cerdas”


Perasaan bahagia selalu mampu mengundang hal-hal positif dalam diri. Mulai dari tubuh yang lebih sehat, hingga wajah yang tampak lebih muda. Kini, sebuah penelitian kembali mengungkap manfaat dari rasa bahagia: meningkatkan kekuatan otak.

Penelitian yang dilakukan oleh Free University of Brozen Bolzana, Italia, ini ingin mengungkap efektivitas berbagai fasilitas hiburan yang diberikan oleh banyaknya perusahaan, yang dianggap dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Dengan memberikan fasilitas kepada karyawan untuk bersenang-senang, perusahaan tentu berharap karyawannya bisa bekerja lebih efektif dan produktif.

Untuk membuktikannya, para peneliti melakukan pengujian kepada 42 mahasiswa ilmu komputer untuk menyelidiki bagaimana pengaruh emosi dan suasana hati terhadap kemampuan pemrograman yang terdiri dari kreativitas dan penyelesaian masalah.

Kreativitas diuji dengan meminta partisipan memberikan keterangan pada sebuah gambar foto. Sedangkan kemampuan menyelesaikan masalah, diuji dengan meminta partisipan untuk memainkan sebuah game analitis. Hasilnya, perasaan gembira tidak memberikan efek apapun terhadap kreativitas seseorang. Namun, rasa bahagia membuat partisipan lebih jitu dalam menyelesaikan masalah.

"Data empiris mendukung adanya perbedaan dalam kemampuan analitis penyelesaian masalah pada kalangan pengembang perangkat lunak, yang dipengaruhi oleh kondisi emosional mereka," ungkap penelitian tersebut seperti dikutip dari Daily Mail. 


Sumber : Viva.co.id

0 Response to "Study Terbaru “Bahagia Bikin Lebih Cerdas”"

Post a Comment