7 Cara Sederhana Tingkatkan Konsentrasi Otak


Selalu ada hal-hal yang membuat konsentrasi Anda terganggu. Pikiran entah kemana saat rapat penting berlangsung, lupa memberi makan hewan peliharaan, atau tanpa sengaja mengirimkan email yang salah ke klien. Panik, jadi respon paling umum yang terjadi.

Tentu tidak ada seorang pun yang ingin menjadi alpa atau lupa. Tapi bukan berarti masalah itu tidak bisa diatasi. Dengan berlatih beberapa trik pendongkrak memori, Anda bisa membuat otak berkembang lebih kuat dibanding sebelumnya.

Seperti dilansir Viva.co.id, berikut trik sederhana yang diyakini bisa meningkatkan konsentrasi otak.

Menutup mata saat mandi
Sesekali cobalah menutup mata saat mandi. Cara ini bisa membantu Anda memperbaiki fokus dan memori otak. Meraba tekstur sampo, sabun, atau sikat gigi dengan mata tertutup adalah olahraga sederhana bagi otak.

"Ini akan mematahkan rutinitas Anda dan melibatkan indra peraba," ujar Ron White, pemenang USA Memory Championship.

Berdansa
Banyak bergerak tidak hanya mengaktifkan otak kecil, tetapi juga menghasilkan faktor neurotropik otak yang disebut BDNF. Yaitu protein yang berfungsi membantu neuron berkomunikasi lebih efektif.

"Berdansa adalah kegiatan sosial dan interaksi sosial yang mengembangkan saraf otak," ujar Gary Small, salah satu penulis The Alzheimer's Prevention Program.

Tidak hanya itu, dansa juga merupakan kegiatan fisik yang membuat jantung memompa lebih banyak oksigen dan nutrisi untuk otak dan membantu kemampuan koordinasi Anda.

Pura-pura kidal
Jika tangan dominan Anda adalah tangan kanan, maka gunakan tangan kiri. Begitupun sebaliknya. Lakukan tugas-tugas sederhana seperti makan atau menyikat gigi dengan tangan yang tidak dominan. Ini akan memaksa otak untuk mempelajari hal-hal biasa dengan cara yang baru.

Belajar tenis meja
Tenis meja mampu mendongkrak koordinasi antara mata dan otak, sekaligus memberi stimulasi interaksi sosial pada otak. Demikian yang dikatakan Daniel Amen, seorang peneliti otak. Menurutnya, penting melakukan sesuatu yang belum diketahui otak karena mempelajari hal baru merupakan olahraga bagi otak.

Berbelanja
Berbelanja memang selalu menyenangkan. Meski isi dompet terkuras, berbelanja mampu membuat perasaan lebih bahagia serta membuat otak lebih cerdas. Sebab, ketika berbelanja, Anda akan akan melakukan banyak aktivitas fisik dan mental. Mulai dari berjalan, terlibat dengan beberapa orang, hingga melakukan perhitungan.

Belajar sulap
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature pada tahun 2013 pernah mengungkap, belajar sulap dapat membuat area abu-abu di otak berkembang. Setelah para partisipan yang bukan pesulap mempelajari trik sulap selama tiga bulan, terlihat adanya perkembangan pada area abu-abu di otak. Bagian tersebut merupakan area otak yang bertanggung jawab pada fungsi visual dan aktivitas motorik.

0 Response to "7 Cara Sederhana Tingkatkan Konsentrasi Otak"

Post a Comment