Mata Bisa Ungkapkan Kesehatan Otak


Banyak yang mengatakan, mata adalah jendela menuju otak. Sebuah terobosan baru dalam penelitian ilmu psikologi menemukan bahwa pembuluh kecil di belakang mata kita bisa mengungkapkan seberapa sehat otak kita.

Peneliti menemukan, bahwa orang dengan pembuluh darah yang lebih lebar di bagian mata memiliki skor buruk pada tes IQ di usia pertengahan. Faktor lain seperti merokok, diabetes, atau status sosial ekonomi  tidak bisa disalahkan untuk itu, ujar kepala peneliti Idan Shalev.

Pembuluh mata kita mungkin dapat mencerminkan pembuluh otak kita, karena mereka memiliki ukuran, struktur, dan fungsi yang sama, ujar Shalev. "Pembuluh mata dikembangkan dari sel yang sama-sel yang sama dengan pembuluh otak," tambahnya.

Penelitian sebelumnya telah menghubungkan ukuran pembuluh darah di mata kita dengan risiko penyakit lain seperti demensia, kardiovaskular, penyakit jantung atau stroke, tapi penelitian itu telah dilakukan kepada orang yang sudah tua. Penelitian itu menemukan bahwa kesehatan mata kita dapat menunjukkan kesehatan otak kita pada usia muda. Hasilnya dapat dilihat bahkan ketika masih anak-anak. 


Referensi : Metrotvnews.com

0 Response to "Mata Bisa Ungkapkan Kesehatan Otak"

Post a Comment