Ilmuwan Indonesi Lakukan Riset Otak Bersama Jepang


Otak merupakan organ yang cukup vital dalm sebuah proses hidup manusia, kecanggihannya jika bisa tereksplorasi secara benar maka akan menciptakan penemuan yang besar dan bermanfaat. Sejarah telah mencatat lahirnya orang-orang jenius dimuka bumi ini.

Dan pada saa ini Indonesia mencoba berperan dalam penelitian terkait kinerja otak manusia. Hal ini dilakukan dengan adanya kerjasama antara Universitas Kyoto dan Center for Tomography Research Laboratory (CTECH Labs) Edwar Technology, Indonesia.

Sebagaimana dikutip dari Merdeka.com, dengan adanya kerjasama ini diharapkan mampu mendorong riset lebih lanjut tentang kinerja otak manusia. Salah satunya untuk membuka cakrawala baru dalam teknologi komunikasi tingkat lanjut dengan mengimplementasikan pencitraan otak dan pengkodean "chaos".

"Otak manusia merupakan salah satu bidang yang sangat sedikit dieksplorasi dalam sains dan penelitian," ucap Profesor Ken Umeno, Kepala Departemen Matematika dan Fisika Terapan di Universitas Kyoto.

Menurutnya, di masa mendatang perkembangan teknologi dan informasi akan mementingkan pada komunikasi digital dari otak satu ke otak lainnya. Oleh karenanya, pengembangan kemampuan analisis otak manusia dan pengkodean data otak pun harus mulai dilatih dan dikembangkan sejak sekarang.

Sementara itu, CTECH Labs Edward Technology yang jadi mitra kerja sendiri dirasa cocok untuk melakukan penelitian dua negara ini. Perusahaan swasta dalam negeri tersebut memang selama ini mengembangkan riset dalam teknologi pencitraan untuk meminda otak manusia secara 3D dan real time.

Teknologi itu dinilai tepat untuk membantu Universitas Kyoto dalam melakukan penelitian ke depannya.


0 Response to "Ilmuwan Indonesi Lakukan Riset Otak Bersama Jepang"

Post a Comment