11 Alasan “Mengapa Masa Haid Terlambat”


Keadaan haid memang sesuatu yang tidak diinginkan oleh wanita, namun jika pada masa-masa tertentu haid tak kunjung datang maka akan menimbulkan pertanyaan aneh he he. 

Siklus bulanan yang dialami oleh wanita atau dikenal dengan sebutan haid atau menstruasi terkadang bisa datang terlambat. Banyak alasan mengapa sampai wanita terlamat datang bulan, hal ini dikatakan oleh para ahli dengan sebutan amenore. Terus apa saja alasan wanita terlambat datang bulan?


Dikutip dari Okanews.com, ada sekitar 10 penyebab wanita datang bulan, hal ini tidak bisa dihindari apalagi bagi wanita yang memiliki banyak kesibukan atau wanita karir. Selain itu permasalah kesehatan juga menjadi penyebab paling besar wanita mengalami keterlambatan datang bulan.


1. Stress
Wanita yang berada di lingkungan perkotaan dan memiliki banyak pekerjaan tentu saja akan memiliki resiko keterlambatan datang bulan lebih tinggi daripada yang tinggal dipedesaan. Hal ini dikarenakan wanita karir memiliki resiko stress lebih tinggi karena pola pikir yang dialami oleh mereka. Namun bukan hanya itu, stress juga dapat meningkatkan resiko penyakit lainnya.


2. Terlalu gemuk (Obesitas)
Seseorang dengan berat badan terlebih atau dikenal dengan sebutan obesitas bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya keterlambatan pada haid, karena obesitas menurut pakar kesehatan menjadi salah satu dari sekian banyak penyebab permasalah pada haid.
3. Terlalu kurus
Bukan hanya terlalu gemuk saja, namun terlalu kurus juga bisa menyebabkan anda terlambat datang bulan. Terlalu kurus membuat organ tubuh tidak berfungsi dengan baik sehingga masalah telat datang bulan akan mudah terjadi.


4. Sering bepergian jauh
Hobi jalan-jalan atau travelling sangat masuk akal menghambat proses tubuh, terlebih bagi anda yang sering bepergian lintas benua. Hal ini disebabkan karena perubahan waktu sehingga menyebabkan tubuh mau tidak mau harus mengikuti waktu dimana anda berada dan hal ini membuat siklus haid terganggu.


5. Terlalu keras berolahraga
Berolahraga memang baik untuk tubuh, namun jika terlalu berlebihan justru akan membuat beberapa permasalahan timbul. Saat tubuh terlalu keras menjalankan aktifitas tentu saja akan mengganggu proses haid itu sendiri.


6. Tidak enak badan
Kurang sehat juga menjadi penyebab lain datangnya haid terlambat. Ketika tubuh tidak fit maka tubuh tidak akan mengalami ovulasi sehingga haid otomatis akan terlambat.


7. Thyroid
Pada kasus yang sangat umum terjadi Thyroid akan sangat berpengaruh besar pada perubahan siklus tubuh sehingga pada wanita, hal ini akan menghambat proses normal ovulasi.


8. Pengaruh obat
Beberapa obat dapat mempengaruhi tubuh sehingga akan menjadi penyebab timbulnya telat haid.


9. Salah menghitung waktu haid
Terkadang anda lupa masa siklus haid anda, pada wanita normal siklus haid adalah 28 hari tetapi ada juga yang 30 hari. Maka saat anda salah perhitungan maka anggapan bahwa anda terlambat haid pun sering terjadi.


10. Jadwal kerja
Perubahan jadwal kerja biasanya secara tidak langsung akan mempengaruhi jadwal anda menstruasi. Hal ini seperti mengalami pergeseran aktifitas tertentu, seperti halnya makan, istirahat dan lain sebagainya.

0 Response to "11 Alasan “Mengapa Masa Haid Terlambat”"

Post a Comment