5 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Daya Pikir Anda


"Ah, iya lupa." "Aduh, tadi kamu bilang apa?" "Maaf, aku benar-benar lupa." Apakah Anda pernah mengatakan hal-hal tersebut atau sering mendadak lupa tentang sesuatu yang penting? Otak yang sehat akan membuat kondisi mental atau jiwa Anda ikut sehat. Jika Anda sering pelupa, mungkin Anda masih belum benar-benar menjaga kondisi mental atau jiwa Anda dengan baik. 

Berikut ini beberapa cara mudah untuk meningkatkan daya pikir Anda dan menjaga kesehatan jiwa Anda :

1. Bersosialisasi
Bersosialisasi dengan orang-orang yang memiliki kesamaan minat dan hobi secara teratur bisa membantu Anda menghilangkan stres dan depresi. Ketika Anda bertemu dengan orang yang berbeda-beda dan terlibat dalam percakapan, Anda akan tetap bisa membuat pikiran Anda tetap aktif dan tajam. Jadi, jika Anda ingin tetap bekerja tanpa stres dan tidak mudah menjadi pelupa, Anda bisa coba gabung dengan komunitas atau organisasi yang sesuai dengan minat Anda.

2. Makan Makanan yang Sehat
Untuk meningkatkan ketajaman ingatan Anda, Anda bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung sayuran, buah, dan biji-bijian. Jenis makanan dengan kandungan protein rendah lemak seperti ikan segar juga baik untuk dikonsumsi. Seimbangkan juga dengan banyak minum air putih dan hindari minuman beralkohol.

3. Berusaha untuk Tetap Fokus
Usahakan untuk mengurangi atau menghilangkan segala jenis gangguan. Melakukan banyak hal dalam satu waktu sangat tidak disarankan. Fokus dalam satu hal akan membantu Anda mengingat hal-hal yang lebih rinci dan khusus. Ketika fokus, meskipun Anda tidak mengingat sesuatu dengan jelas, Anda masih bisa mengingat sesuatu yang berkaitan atau mirip dengan hal tersebut.

4. Lakukan Olahraga
Aktivitas fisik atau olahraga yang teratur bisa memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh dan juga otak Anda. Ketika aliran darah sudah mengalir baik hingga ke otak, kemampuan daya pikir Anda juga akan membaik. Ketika Anda sering mendadak lupa, mungkin saja karena Anda kurang berolahraga dan aliran darah Anda tidak berjalan dengan lancar. Setidaknya lakukan olahraga 75 menit per minggunya, atau minimal sepuluh menit olahraga kardio setiap harinya.

5. Perhatikan Konsumsi Obat-Obatan Anda
Jika Anda menderita penyakit yang cukup parah seperti diabetes dan tekanan darah tinggi, Anda harus benar-benar mengikuti saran dari dokter Anda. Beberapa jenis obat-obatan tertentu bisa mempengaruhi kemampuan daya pikir dan daya mengingat Anda.


Referensi : Waspada.com

0 Response to "5 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Daya Pikir Anda"

Post a Comment