Masalah Utama Pendidikan di Amerika Saat Ini


Jika dicermati, saat ini pendidikan di Indonesia masih saja dihadapkan pada banyaknya permasalahan yang rumit dan kompleks. Lihat saja, banyak kasus dan penyimpangan-penyimpangan yang semakin merajalela di pendidikan Indonesia. Nah, demikian juga dengan pendidikan di Amerika Serikat (AS).

Berbagai indikator pun menggambarkan betapa masih rendahnya mutu pendidikan kita di mata dunia, seperti dalam membangun pendidikan karakter. Di sisi lain, terdapat permasalahan internal yang hingga sekarang ini belum juga terpecahkan. Jika dibandingkan, dalam membangun pendidikan karakter di AS, Indonesia masih ketinggalan jauh.

"Sekolah di sana (AS) sudah tidak ada pengembangan pendidikan karakter lagi," ujarnya, di Gedung Guru PGRI, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Coleman mengakui, ada dua masalah utama pendidikan di AS, pertama yaitu adanya gap antara warga yang miskin dengan warga yang kaya.

"Yang kedua persaingan. Artinya, bagaimana pendidikan di AS mengejar prestasi dengan para kompetitor, seperti Kanada, Singapura, dan China," ucapnya.

Selain itu, tambah dia, penyesuaian antara di sekolah dengan di perguruan tinggi di Amerika juga berbeda. Jika di sekolah lebih umum, sedangkan perguruan tinggi lebih ke khusus.


Sumber : Okezone.com

0 Response to "Masalah Utama Pendidikan di Amerika Saat Ini"

Post a Comment