Ini Dia! 12 Tips Supaya Hidup Bebas Stres


The National Institute of Mental Health berkata bahwa stres diartikan sebagai respon otak terhadap segala jenis tuntutan. Berbagai hal bisa menyebabkan stres dan terlalu banyak stress bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Berikut beberapa tips untuk menghadapi stres:

1. Berkonsultasi dengan psikolog
Jika Anda merasa kewalahan dengan stres yang Anda derita, berkonsultasilan dengan psikolog profesional segera. Sangat penting bagi Anda untuk berbicara dengan terbuka mengenai apa yang menyebabkan Anda stres dan apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasinya.


2. Miliki sistem dukungan
The National Institute of Mental Health berkata bahwa orang yang mengalami stres berat harus tetap berkomunikasi dengan orang yang menyediakan dukungan emosional. Saat seseorang menderita stres kronis, kondisi mentalnya bisa melemahkan sistem imunitas, mengubah sistem pencernaan dan bahkan mempengaruhi sistem reproduksi.


3. Dengarkan tubuh
Belajarlah mengenali respon tubuh Anda terhadap stres. Hal ini bisa berupa gangguan tidur, penggunaan obat dan alkohol yang meningkat, mudah marah, merasa depresi dan kelelahan. Menurut sebuah penelitian terkini, stres kronis bisa meningkatkan resiko pengembangan penyakit jantung koroner.


4. Atur waktu Anda
Mengatur waktu secara efektif bisa menolong mengurangi gejala stres dan bisa menolong Anda memiliki lebih banyak kontrol dalam hidup Anda. Sediakan waktu untuk berpikir mengenai kegiatan Anda  hari ini atau berikutnya dan buatlah rencana. Jangan menunda-nunda, karena bisa meningkatkan stres Anda.


5. Batasi konsumsi minuman energi dan kafein
Bicarakan dengan dokter Anda berapa jumlah kafein yang sehat untuk Anda konsumsi. Stimulan seperti kafein bisa mencegah tubuh Anda rileks dan meningkatkan tingkat stress. Para pasien dengan resiko tinggi dengan sejarah penyakit jantung harus berhati-hati dengan jumlah kafein yang mereka konsumsi.


6. Olahraga
Olahraga dan makan makanan bergizi bisa memegang peranan penting dalam mengurangi efek-efek dari stres. Jika Anda merasa gelisah atau marah, olahraga bisa membantu mengurangi tekanan dan meningkatkan mood Anda.


7. Ambil nafas dalam-dalam
Saat seseorang sedang stres, otot-otot termasuk yang mengontrol nafas bisa menegang. Cobalah untuk berlatih mengambil nafas dalam-dalam yang bisa menolong otot Anda rileks dan membantu nafas Anda kembali ke tingkat yang normal.


8. Hindari berpikir terlalu berat
Cobalah tidak menghabiskan waktu dan energi untuk memikirkan masalah-masalah sepele karena hal ini bisa memperpanjang kondisi stress dan bisa berbahaya untuk Kesehatan. Orang dengan penyakit kronis seperti diabetes atau kanker seringkali mengalami stress karena mencoba menangani kondisi mereka. Segeralah berkonsultasi dengan dokter tentang stress yang Anda alami.


9. Cobalah teknik lainnya
Selain teknik pernafasan, cobalah berbagai aktivitas untuk menolong meredakan stress. Misalnya program stress coping, meditasi, yoga, tai chi dan latihan-latihan lainnya.


10. Cobalah melihat sisi positif
The National Institute of Mental Health merekomendasikan supaya kita berpikir positif. Sebagai contohnya, cobalah mengingat hal-hal yang telah Anda capai daripada berfokus pada apa yang belum Anda lakukan. Hal ini khususnya penting untuk orang yang memiliki penyakit kronis seperti diabetes atau multiple sclerosis.


11. Tidurlah cukup
Kurang tidur bisa meningkatkan stres, sementara tidur yang cukup bisa menolong tubuh memperbaiki diri sendiri dan mengurangi stres. Kurang tidur juga dihubungkan dengan peningkatan resiko penyakit jantung.


12. Jangan gunakan obat atau alkohol
Kadang-kadang, orang berpaling ke obat-obatan atau alkohol saat mereka stres. Dalam jangka panjang, hal ini justru merusak dan bukannya menolong. Alkohol dan obat-obatan bisa membuat stress lebih buruk dan mempengaruhi kesehatan Anda secara menyeluruh, khususnya jika Anda memiliki kondisi jantung atau penyakit kronis seperti diabetes tipe 2.


Sumber: Timlo.net

0 Response to "Ini Dia! 12 Tips Supaya Hidup Bebas Stres"

Post a Comment