Inilah 3 Tips Berbobot Untuk Memilih Tawaran Kerja


Banyak pencari kerja yang cenderung untuk menerima tawaran kerja pertama, akan tetapi apakah pekerjaan tersebut secara jelas merupakan sebuah posisi pekerjaan yang diinginkan ?.

 Mungkin anda akan menjumpai sebuah tawaran kerja yang tidak sesuai dengan keinginan, cobalah untuk bernegosiasi atau menunggu lebih lama lagi akan datangnya pekerjaan yang sesuai dengan keinginan anda.

Jika anda mengalami situasi ini, berikut ada beberapa rekomendasi  dari Heather Human yang perlu dipertimbangkan sebelum menerima sebuah tawaran pekerjaan  yang tidak sesuai dengan keinginan :


1. Apakah anda siap berkorban dengan tujuan pekerjaan tersebut
Salah satu pertanyaan yang amat penting adalah apakah anda siap berkorban atau menghabiskan waktu anda demi pekerjaan yang ditawarkan kepada anda. Mungkin tawaran pekerjaan itu memang sesuai keinginanakan tetapi anda di tempatkan pada kondisi menetap di kota baru, jumlah jam kerja yang lebih ekstra. Anda harus membandingkan tawaran kerja yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan  karena anda akan menghabiskan waktu, tenaga, pikiran untuk sebuah perjalan karir kedepan.


2. Apakah disana ada kesempatan untuk mengembangkan skill dan pengalaman anda ?
Hampir setiap tempat kerja saat ini memberikan kesempatan pada karyawannya untuk mempelajari sesuatu baru. Ketika anda mempertimbangkan mengenai tawaran kerja lihatlah tanggungjawab yang diberikan atas posisi anda di pekerjaan tersebut (apa yang bisa anda pelajari ?). 


Mungkinkah posisi anda menuntut untuk mempelajari skill atau profram baru ?, apakah disana anda bisa menghadiri sebuah workshops atau konferensi ?. Kadan-kadang hal semacam itulah yang bisa menggembangkan pengalaman dan karir menjadi lebih baik.

3. Pekerjaan apa yang paling anda butuhkan saat ini
Jika anda mengalami kesuliatan memutuskan waktu kerja, anda harus membuat daftar kerja yang paling anda butuhkan. Mungkin anda dalam kondisi yang tidak bisa jauh dari rumah, karena istri melahirkan atau orang tua sudah tua dan butuh merawatnya secara ekstra. 


Dan saya yakin bahwa orang yang menawarkan pekerjaan tidak akan peduli akan hal tersebut, maka dari itu pandai-pandailah dalam bernegosiasi. Mungkin anda perlu uang yang banyak untuk suatu kondisi tertentu missal butuh uang banyak untuk berobat anak, maka anda akan memilih gaji yang besar meskipun ditempatkan jauh dari tempat tinggal.

0 Response to "Inilah 3 Tips Berbobot Untuk Memilih Tawaran Kerja"

Post a Comment