5 Tips Wajib Jadi Pegawai Pintar


Apa target Anda dalam bekerja tahun ini? Promosi, kenaikan gaji, atau pekerjaan baru?

Apa pun target Anda, pastikan Anda memiliki strategi efektif untuk mencapainya. Direktur Institut NeuroLeadership dan penulis buku, Your Brain at Work: Strategies for Overcoming Distraction, Regaining Focus, and Working Smarter All Day Long, David Rock, menyarankan, ketimbang melakukan lebih banyak pekerjaan dalam satu waktu, lebih baik Anda bekerja dengan lebih pintar.

Rock, seperti dilansir Forbes, ditulis oleh Okezone.com, memiliki beberapa tips untuk bekerja lebih pintar untuk mencapai hasil maksimal. Berikut ini bagian kedua dari sepuluh tips dari Rock.

1. Jangan multitasking

Otak kita hanya dapat fokus pada satu pekerjaan di satu waktu. Berganti-ganti pekerjaan tidak hanya membuang energi, multi tasking juga dapat mengarah kepada penurunan kinerja dan melakukan banyak kesalahan. Bahkan, kita tidak menghemat waktu ketika melakukan banyak hal sekaligus.

Multitasking di antara dua kegiatan menghabiskan durasi yang sama ketika Anda melakukannya satu per satu. Jika Anda memiliki dua hal yang perlu diselesaikan secepatnya, selesaikan dahulu satu pekerjaan, lalu beralih ke pekerjaan lainnya.

2. Target rapat

Akan sangat membantu ketika di awal rapat Anda bertanya kepada peserta rapat tentang apa yang ingin dicapai pada rapat tersebut dan bagaimana cara paling efektif untuk mencapainya. Menurut Rock, ada tipe berpikir yang dapat Anda lakukan, "visi, perencanaan, detil, masalah dan drama."

Dalam kebanyakan rapat, kita tidak menggunakan visi. Kita tidak akan bertanya, "Mengapa kita melakukan ini? Apa yang kita coba capai? Ke mana kita akan melangkah? Tetapi sangat penting untuk memiliki visi untuk memotivasi peserta rapat dalam berpikir dan mengeluarkan kreativitas dalam menjalani proses berikutnya," kata Rock.

Kemudian, perencanaan dan berpikir detil adalah tentang bagaimana kita mengimplementasikan sebuah visi. Perencanaan lebih bersifat abstrak dan detil lebih spesifik, tetapi jenis pemikiran ini hanya dapat dilakukan jika visi telah ditetapkan. Pemikiran "bagaimana" ini, Rock mengimbuhkan, akan sulit dilakukan jika Anda tidak mengetahui "apa".

"Kebanyakan rapat dimulai dengan detil, kemudian itu akan mudah berkembang menjadi masalah dan drama. Jadi, mulailah rapat dengan menyampaikan sebuah visi, kemudian buatlah rencana untuk rapat itu sendiri, baru kemudian bicarakan detil," tutur Rock.

3. Belajar mempertahankan cara berpikir positif

Cobalah untuk belajar tetap berpikir positif. Rock memaparkan, secara umum seseorang akan berpikir lebih baik, lebih kreatif dan kolaboratif ketika dia mempertahankan cara berpikir positif dan menuju target tertentu, meminimalisasi stres dan merespons ancaman.

Misalnya, kata Rock, otak Anda akan menuju sesuatu ketika menerima email dari teman. Kemudian, ketika Anda menerima email negatif dari atasan tentang pekerjaan yang buruk, Anda akan berada dalam posisi terancam.

Untuk tetap berada dalam kondisi positif, identifikasikan perasaan Anda. "Riset menunjukkan, mengutarakan perasaan Anda dengan kata-kata dapat mengurangi rasa tertekan dan terancam tersebut," imbuh Rock.

Kemudian, terjemahkan ulang peristiwa yang Anda alami. Rock menyarankan, jika Anda harus menangani sebuah proyek besar dan sulit dan Anda menjadi cemas, maka jangan pikirkan hal itu sebagai ancaman, tetapi sebagai kesempatan untuk menunjukkan kemampuan diri Anda.

"Jika Anda mengubah cara dalam melihat sesuatu, maka hal itu akan mengubah keseluruhan mental Anda," ujar Rock.

4. Istirahat

Otak juga butuh istirahat. Rock menyarankan, ambillah beberapa saat untuk bersantai. Matikan semua gadget Anda dan jangan menyalakan ponsel begitu Anda bangun tidur.

"Alokasikan waktu untuk Anda benar-benar mengistirahatkan otak Anda, sehingga pikiran Anda akan lebih terbuka," kata Rock.

Terkadang, imbuhnya, beristirahat ini juga bermakna harfiah. Tidur siang selama 10-20 menit terbukti membantu kita lebih kreatif dan lebih produktif.

5. Rayakan kemenangan-kemenangan kecil

Kesibukan dan tuntutan pekerjaan membuat kita beralih dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Akibatnya, terkadang kita melewatkan kemajuan yang kita buat. Padahal, merasakan kemajuan adalah pengalaman paling menyenangkan saat bekerja.

"Secara rutin ambillah waktu untuk merayakan kemenangan dan kemajuan yang Anda hasilkan dalam mencapai tujuan kerja. Emosi positif sangat membantu dalam banyak hal, termasuk meningkatkan imunitas tubuh dan membuat kita lebih kreatif," papar Rock

0 Response to "5 Tips Wajib Jadi Pegawai Pintar "

Post a Comment