7 Tips Cerdas Tampil Profesional di Depan Klien


Tidak hanya kalimat kalimat yang perlu Anda perhatikan ketika berbicara, atau strategi dalam bekerja untuk menunjang kesuksesan karier Anda. Mungkin beberapa dari Anda tidak menyadari atau menganggap hal ini sepele, namun, bahasa tubuh pun menjadi hal penunjang karier.

Gesture tubuh yang secara sengaja ataupun tidak sengaja Anda lakukan memberikan berbagai macam arti bagi lawan bicara. Bahasa tubuh adalah alat komunikasi yang pertama kali ada dalam setiap diri individu. Nah, ini dia beberapa bahasa tubuh yang sebaiknya Anda hindari dan lakukan dalam sebuah lingkup pekerjaan:

1. Mantap berjabat tangan
Saat berjabat tangan, genggam dengan hangat, jangan terlalu erat namun juga jangan tampak malas-malasan. Ini menunjukkan bahwa Anda antusias untuk mengenalnya lebih jauh.

2. Tersenyum
Senyum adalah hal kecil yang selalu berhasil membuat suasana menjadi lebih hangat. Tersenyum tak hanya menstimulasi pola pikir Anda tapi juga menyebabkan Anda bisa dipercaya dan mudah didekati.

Namun ingat, sebaiknya jangan tertawa terbahak-bahak ketika Anda sedang meeting dengan klien, Anda pun akan dinilai kurang serius di matanya. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga Anda tertawa jika memang ada hal yang lucu. Dengan begitu Anda akan tampak sebagai orang yang positif.

3. Ucapkan nama Anda
Jangan segan untuk selalu mengucapkan nama saat Anda bertemu dengan klien dalam sebuah acara. Hal ini akan membuatnya merasa lebih dihargai.

4. Jaga jarak
Jangan terbiasa untuk berdiri atau duduk terlalu dekat dengan rekan kerja yang berlainan jenis dengan Anda. Bisa jadi si Dia yang menjadi lawan bicara merasa tak nyaman atau justru lingkungan sekitar yang tak nyaman melihat pemandangan ini. Jangan sampai imej “penggoda” melekat di diri Anda.

5. Jangan bertopang dagu
Seseorang yang bertopang dagu memberikan arti bahwa Dia merasa bosan dan tidak tertarik. Jadi, sebaiknya jaga gesture tubuh Anda ketika presentasi team, meeting dengan klien atau atasan.

6. Hindari menguap
Sebosan apapun Anda dalam sebuah meeting, jangan pernah secara terang-terangan menguap. Sebab di dalam etika kerja, hal tersebut sangat tidak sopan. Jika memang Anda menguap karena mengantuk, usahakan menutupnya dengan tangan, kertas atau buku.

7. Pandang lawan bicara
Sebaiknya pandanglah lawan bicara dengan hangat saat bercakap-cakap. Ini akan menunjukkan kepercayaan diri Anda dan terlihat bahwa Anda menghargai lawan bicara. Tidak memandang lawan bicara mengisyaratkan seakan-akan Anda sedang menyembunyikan sesuatu.

8. Jangan terlalu sering menyibak rambut
Ini khusus untuk Anda kaum Wanita. Terlalu sering menyibak dan memain-mainkan rambut saat berbicara dengan rekan kerja akan menimbulkan beberapa persepsi. Bisa jadi Anda terkesan grogi, namun bisa juga Anda justru dianggap sedang flirting. Tak ada salahnya sesekali melakukannya, selama masih terlihat seksi, elegan, dan feminin, tapi jangan berlebihan.


Referensi : Waspada.co.id

0 Response to "7 Tips Cerdas Tampil Profesional di Depan Klien"

Post a Comment