7 Manfaat Menakjubkan Berolahraga Untuk Kecerdasan & Kesehatan


Orang yang gemar berolahraga biasanya memiliki tubuh yang tegap dan atletis. Tetapi sebenarnya, manfaat olahraga tak hanya terbatas pada kesehatan fisik saja lho. Banyak penelitian telah menguak bahwa olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan pikiran maupun jiwa.

Apa saja manfaat yang didapat jika rutin berolahraga? Inilah 7 manfaat olahraga bagi tubuh, pikiran, dan jiwa, seperti dilansir CNN.

1. Mengatasi gangguan kecemasan
Pernahkan Anda memulai olahraga dengan rasa stres, lantas berakhir dengan perasaan yang lebih nyaman? Faktanya, sebuah penelitian oleh Universitas Princeton menunjukkan bahwa olahraga dapat mengubah senyawa kimia pada otak dengan melepaskan GABA, neurotransmitor yang membantu menenangkan otak dan meminimalkan kecemasan. Studi itu menemukan bahwa orang yang berlari secara teratur biasanya tidak terlalu reaktif terhadap situasi penuh tekanan, meskipun mereka belum berlari selama 24 jam terakhir.

2. Mendongkrak sistem imun
Olahraga secara teratur dapat mengurangi risiko berbagai gangguan kesehatan serius, termasuk gangguan jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Tak hanya itu, olahraga juga dapat mengurangi peluang terjangkiti penyakit yang kerap menyerang orang pada umumnya, seperi flu dan demam. Penelitian yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa orang yang jarang berolahraga mengalami flu 43% lebih lama dibanding orang yang rajin berolahraga.

3. Membuat tidur lebih berkualitas
Terkendala dengan gangguan tidur? Singkirkan obat tidur Anda dan pergilah ke kolam renang atau lintasan lari. Menurut sebuah studi, orang-orang yang berolahraga secara teratur selama 10 minggu dilaporkan dapat tidur dengan nyenyak dibanding sebelumnya. Mereka dapat tidur lebih cepat dan tidak terlalu membutuhkan obat tidur seperti sebelumnya.

4. Mengurangi gejala PMS
Wanita kerap mudah tersinggung dan merasa kembung saat mendekati periode datang bulan. Namun, olahraga diyakini dapat meminimalisasi sindrom pramenstruasi itu. Sebuah survei pada 2.000 wanita New Zealand menemukan bahwa wanita yang berolahraga merasa lebih baik saat mendekati masa menstruasi dibanding wanita yang menenggak vitamin tertentu atau melakoni saran rumahan.

5. Meningkatkan mood bercinta
Anda mungkin pernah mendengar bahwa menghirup feromon dalam keringat dapat membuat seseorang merasa lesu dan kotor. Namun, bukan itu efek olahraga terhadap hasrat bercinta. Perlu diketahui, olahraga dapat mengurangi risiko disfungsi ereksi yang merupakan momok bagi banyak pria. Selain itu, olahraga juga meningkatkan stamina pada pria maupun wanita.

6. Mempertajam otak
Beberapa studi telah membuktikan bahwa olahraga dapat mengurangi tingkat keparahan gangguan ingatan pada lansia dan mengurangi risiko Alzheimer. Tak hanya menguntungkan kaum lansia, kawula muda pun mendapat manfaat dari olahraga. Sebuah studi di New Zealand menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan fungsi eksekusi otak, yang di dalamnya termasuk kemampuan merencanakan, mengingat, memberi alasan, serta menyelesaikan masalah.

7. Memperbaiki tubuh
Setelah merangkum 57 studi terpisah mengenai efek olahraga, sekelompok ilmuwan menetapkan bahwa olahraga memang dapat mendongkrak anggapan atau penilaian seseorang mengenai kondisi fisiknya.

Sumber : Cybermed.cbn.net.id

0 Response to "7 Manfaat Menakjubkan Berolahraga Untuk Kecerdasan & Kesehatan"

Post a Comment