5 Cara Cepat Meredakan Stres


Stres bisa terjadi kapan saja. Hanya saja, seseorang tidak boleh membiarkan stres terlalu lama menghinggapi pikirannya agar tidak merembet pada kesehatan tubuh lainnya. Stres menimbulkan kenaikan tekanan darah hingga cepatnya detak jantung. Pada kondisi yang mendukung, stres kemungkinan memicu gagal jantung hingga stroke.

Dikutip dari Yahoo Health, ada sejumlah cara instan agar stres secepatnya bisa diatasi. Begini beberapa langkahnya:


1.    Melatih fisik atau berolahraga. Stres bersumber dari otak yang turut dirasakan bagian tubuh lain melalui ujung saraf kranial. Dari titik ini banyak ahli percaya jika cara terbaik untuk mengilangkan stres dan kecemasan yaitu dengan melakukan rangsangan kembali pada otak. Cara yang bisa dilakukan yaitu aktivitas fisik ringan, sedang, hingga intensitas tinggi. Pasalnya, ketika tubuh banyak digerakkan akan terpicu hormon endorfin yang menyetimulasi penghilangan rasa sakit alami pada otak. Ketegangan turut menurun, suasana hai kembali membaik, memperbaiki tidur, dan semua terasa lebih nyaman. Saat stres menyerang, lakukan gerakan tubuh meski hanya dengan jalan kaki atau senam ringan.


2.    Lakukan kegiatan yang menjadi hobi. Mungkin aktivitas in akan Anda jalani dengan kesendirian. Namun, menikmati kesendirian dengan hal yang Anda suka bakal mengurangi tingkat ketegangan di otak. Jauhkan semua hal yang memicu stres, dan biarkan sejenak untuk menghabiskan waktu demi aktivitas yang digemari. Otak akan terfokus pada hal yang menyenangkan.


3.    Melakukan terapi musik. Musik bisa dipakai untuk merelaksasi pikiran. Musik yang santai akan menyeimbangkan fisiologis tubuh dengan menurunkan kadar hormon kortisol penyebab stres. Selain itu detak jantung ikut melambat dan menurunkan tekanan darah. Mendengarkan musik dengan irama tertentu dapat menjadi alat untuk merangsang otak lebih tenang dan bebas stres.


4.    Mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat. Pola makan memengaruhi kesehatan mental. Makan dengan cara salah merangsang respons negatif pada fisiologis seseorang. Misalnya yaitu terjadi tubuh obesitas yang serig membuat sebagian orang stres. Di samping itu, orang yang menjadikan makan sebagai pelampiasan terhadap stres adalah langkah yang salah. Sebaiknya mulai atur porsi dan pilihan menu makan dengan yang bergizi untuk menjaga suasana hati. Kurangi minuman kafein berlebihan untuk menghindari kecemasan.Jauhi pula makanan fast food.


5.    Memandang alam. Lupakan menonton teve untuk menghilangkan stres. Sebaliknya, pergi ke tempat lapang dan nikmati suasana alam yang masih asri dengan pepohonan atau tanaman hijau lainnya. Studi yang dilakukan Universitas Washington menemukan bahwa memandang keluar jendela dan melihat pemandangan alam dapat menurunkan detak jantung dibanding melihat pemandangan alam melalui televisi plasma.


Sumber : AktualPost.com

0 Response to "5 Cara Cepat Meredakan Stres"

Post a Comment