Perlu Cara Cerdas Pecahkan Soal Matematika


Metakognisi berperan penting dalam pemecahan masalah matematika, karena akan diperoleh banyak keuntungan ketika pemecahan masalah dilakukan dengan melibatkan kesadaran terhadap proses berpikir serta kemampuan pengaturan diri.

Demikian dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dr Gatut Iswahyudi MSi ketika memaparkan hasil penelitiannya tentang Proses Metakognisi Mahasiswa Calon Guru Dalam Memecahkan Masalah Pembuktian Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan Perbedaan Gender, di Kampus UNS, Solo.


“D iantara peran itu adalah terbangunnya pemahaman yang kuat dan menyeluruh terhadap masalah yang dipecahkan,” jelas Gatut.


Masalah pembuktian, kata Gatut, merupakan bagian yang sangat penting dalam matematika, karena matematika dikembangkan secara deduktif-aksiomatik dan teorema-teorema yang harus dibuktikan kebenarannya, merupakan komponen dari strukstur deduktif-aksiomatik.


“Sehingga pengetahuan tentang cara pembuktian sangat dibutuhkn dalam belajar matematika,” jelasnya.


Ia juga mengemukakan bahwa banyak siswa pandai dalam memecahkan soal matematika sering menggunakan cara-cara cerdas, sehingga memberikan jawaban yang singkat dan akurat.


Smber : Timlo.net

0 Response to "Perlu Cara Cerdas Pecahkan Soal Matematika"

Post a Comment