Olahraga Aerobik Tingkatkan Kecerdasan Otak Perempuan


Ingin sehat sekaligus cerdas? Caranya mudah saja: lakukan olahraga aerobik atau jalan cepat selama dua jam setiap minggu. Pasalnya, sebuah studi menyebutkan bahwa aerobik bisa meningkatkan kemampuan otak pada wanita dan mampu mencegah terjadinya demensia dini. 

Studi yang dikerjakan selama 6 bulan tersebut melibatkan para 86 wanita yang didiagnosa dengan problem pada memori atau demensia tahap awal. Ternyata, dengan latihan aerobik secara teratur, mereka melihat perubahan signifikan pada area hippocampus di otak para wanita tersebut. Hippocampus merupakan area pada otak yang mengatur tentang memori dan kecepatan menangkap informasi. 


Penelitian yang dilakukan di Kanada ini juga menyatakan bahwa tidak ada batasan umur untuk memulai melakukan olahraga. "Berapa pun umur Anda, latihan aerobik secara teratur akan meningkatkan kemampuan otak dalam mempertahankan memori dan menangkap informasi," terang Ketua Peneliti Dr Teresa Liu-Ambrose dari Department of Physical Therapy, University of British Columbia, Vancouver. 


Dr Liu-Ambrose membandingkan beberapa tipe olahraga, yakni aerobik termasuk didalamnya, jalan cepat, serta senam dan latihan penguatan otot. Dari hasil pindai MRI yang dilakukan setelah enam bulan, terlihat perubahan yang signifikan para mereka yang melakukan aerobik daripada kelompok dengan olahraga senam atau latihan penguatan otot.


Penelitian tersebut diterbitkan di British Journal of Sport Medicine. Sebagaimana dikutip dari laman Viva.co.id

0 Response to "Olahraga Aerobik Tingkatkan Kecerdasan Otak Perempuan"

Post a Comment