Saat ini terutama di Indonesia angka pengangguran semakin hari semakin tinggi. Guna mendapatkan satu pekerjaan yang sesuai dengan minat serta kemampuan atau yang selama ini telah diimpikan, para pencari kerja setidaknya harus memiliki persiapan yang matang dan maksimal.
Bukan hanya itu, para pencari kerja juga harus benar-benar siap bersaing dengan ketat demi mendapatkan pekerjaan impian tersebut. Bahkan banyak bahkan banyak diantaranya para pencari kerja yang rela melakukan apapun demi suatu pekerjaan.
Berikut ini beberapa tips bagi Anda para pencari kerja agar bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah. dikutip dari laman Tipskarir.com
1. Tenang
Semakin sesuai kemampuan serta kompetensi yang Anda miliki dengan pekerjaan yang Anda lamar, maka Anda akan semakin merasa jauh lebih tenang ketika akan menghadapi proses wawancara kerja. Rasa percaya diri dengan sendirinya akan menciptakan postur tubuh yang jauh lebih santai lagi. Dalam keadaan kondisi tubuh yang tenang, maka Anda akan mampu menghadapi proses wawancara dengan baik. Ketika menghadapi proses wawancara kerja, ingatlah bahwa Anda harus selalu santai, percaya diri, serta tenang, agar proses wawancara kerja Anda dapat berjalan dengan baik.
2. Cari tahu minat
Ketika Anda sibuk mencari pekerjaan, luangkanlah waktu Anda sejenak untuk membuat daftar minat Anda dalam bekerja. Semakin Anda memiliki minat yang kuat pada suatu hal, maka semakin bergairah pula Anda dalam melakukan hal tersebut, termasuk minat dalam mencari pekerjaan.
3. Cari tahu tentang perusahaan yang Anda lamar
Anda harus mencari tahu terkait data-data perusahaan yang akan Anda lamar dan setelah itu pelajarilah dengan tepat terkait perusahaan tersebut serta posisi yang akan Anda lamar. Dengan Anda mengetahui hal tersebut, dan Anda mampu menjelaskan hal tersebut dengan baik dan benar, maka pada saat itu juga Anda akan memiliki kemampuan yang baik dalam meyakinkan pihak pewawancara bahwa Anda benar-benar memiliki minat yang besar untuk bekerja di perusahaan tersebut. Yakinkan kepada mereka bahwa Anda juga merupakan salah satu calon kandidat yang sangatlah tepat untuk direkrut.
4. Latihan wawancara
Sebelum Anda melakukan proses wawancara, alangkah lebih baik lagi jika Anda mampu berlatih wawancara sebelum proses wawancara berlangsung. Misalnya Anda berlatih tanya – jawab akan beberapa pertanyaan yang nantinya akan keluar ketika proses wawancara kerja berlangsung. Dengan demikian, Anda akan mampu mempersiapkan diri Anda sebaik serta semaksimal mungkin. Pastinya hal tersebut sangatlah penting untuk Anda lakukan demi memikat hati pihak pewawancara.
5. Berpikir positif
Satu hal yang harus tetap Anda ingat ketika Anda tengah menjalankan proses wawancara kerja, yang saat itu Anda lakukan adalah Anda tengah ‘menjual’ diri serta semua kemampuan yang Anda miliki kepada pihak perusahaan yang Anda lamar tersebut. Segala perkataan serta tindakan Anda yang bersifat negatif atau pun buruk akan sangat menghambat Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang selama ini telah Anda impikan. Berkatalah serta bersikaplah dengan baik, agar pihak pewawancara tidak segan untuk merekrut Anda menjadi karyawan yang baik di perusahaan tersebut.
0 Response to "5 Tips Cerdas Bagi Si Pencari Kerja"
Post a Comment