Benarkah Alkohol Merusak Otak ?


Sebagian orang berpikir bahwa alkohol bermanfaat untuk kesehatan manusia. Padahal, minuman ini sudah terbukti merusak tubuh dan menjadi ‘musuh’ kesehatan. Kebanyakan orang yang minum alkohol menjadi kecanduan, berhalusinasi, mengalami gangguan mental, kesehatan, dan kejiwaannya labil. Tidak hanya itu, alkohol ternyata juga merusak otak. Bagaimana hal ini terjadi?

Menanggapi hal ini, ahli psikologi, Tika Bisono mengatakan, apabila minuman alkohol dikonsumsi dalam jumlah melebihi ambang batas, alkohol tersebut akan merusak sistem saraf di lobus otak.

Bukan hanya menyebabkan sistem saraf rusak, namun alkohol juga menyebabkan halusinasi yang tinggi pada seseorang. Kontrol dan kesadaran pada diri sendiri pun juga akan menurun, bahkan dapat hilang. Lebih parahnya, emosi dan sistem logika menjadi rusak akibat minum alkohol.

Tika juga berpendapat bahwa mengobati efek negatif dari minum alkohol hanya dapat dilakukan dengan rehabilitasi. Air, kopi, dan olahraga pun tidak dapat menghilangkan alkohol yang sudah masuk ke dalam tubuh. Alkohol akan hilang dengan sendirinya, yakni sekitar 0,1 gram hingga 0,15 gram alkohol per liter untuk satu jamnya.

Sementara itu, menurut Tim ilmuwan dari Heidelberg University Hospital yang melakukan penelitian yang melibatkan delapan orang laki-laki dan perempuan kini telah menemukan jawabannya. Dalam penelitian tersebut, delapan laki-laki dan perempuan tersebut meminum alkohol yang sejumlah 3 kaleng bir dengan menggunakan sedotan ketika dilakukan pindai MRI di kepala mereka. 6 menit kemudian, kandungan alkohol dalam darah mereka meningkat sebanyak 0,01% yakni dari 0,05% menjadi 0,06%. Dalam jumlah ini, kemampuan menyetir mobil mereka sudah berkurang.

Selain itu, terjadi penurunan konsentrasi keratin yang melindungi otak seiring dengan bertambahnya kadar alkohol dalam tubuh. Bahkan, kolin, komponen di membrane sel juga mengalami penurunan. Biller menjelaskan, bahwa fakta ini mengindikasikan alkohol dapat memicu perubahan komposisi yang ada pada membran sel di otak. Untuk itu, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi alkohol karena dapat merusak kesehatan.

Sumber : pekanbaru.co

0 Response to "Benarkah Alkohol Merusak Otak ? "

Post a Comment