Belanja juga Bermanfaat untuk Kecerdasan Otak


Rutinitas dapat membuat otak Anda "bosan" dan cenderung tidak berkembang. AbcNews melansir beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk merangsang reaksi otak. Hal ini sangat mudah dilakukan dalam keseharian kita:

1. Menari bukan hanya aktivitas kesenian saja, tetapi berdampak bagi kesehatan tubuh dan otak. Aktivitas gerak ini memicu produksi faktor neutropik otak, sebuah zat protein yang membantu neuron agar lebih aktif. "Menari adalah aktivitas sosial, dan interaksi sosial baik untuk sirkuit saraf," ujar Gary Small yang pernah menulis buku pencegahan Alzheimer. Gery juga menjelaskan bahwa menari dapat memompa oksigen dan nutrusi dari jantung menuju sel-sel otak.

2. Bagi Anda yang kidal, cobalah untuk menggunakan tangan kanan Anda lebih aktif lagi untuk melakukan aktivitas sederhana seperti menggosok gigi dan makan. "Jika Anda menggunakan tangan non-dominan, Anda mengaktifkan bagian-bagian berbeda dari otak Anda," ujar Allen Sills, profesor berdah saraf di Vanderbilt Medical Center.

3. Olahraga tenis meja bukan hanya berdampak bagi kesehatan tubuh, tetapi mampu meningkatkan koordinasi tangan dan mata sekaligus merangsang interaksi pada otak. "Hal yang penting adalah melakukan aktivitas yang otak Anda tidak tahu bagaimana melakukannya. Jika kita terus melakukan sesuatu yang kita sudah tahu caranya dan telah terbiasa, itu tidak akan meningkatkan interaksi otak. Belajar hal yang berbeda akan melatih otak Anda," kata Daniel Amen, peneliti otak dari Amen Clinics.

4. Siapa sangka aktivitas belanja dapat melatih otak kita. Saat belanja, tubuh kita mengalami aktivitas mental dan fisik. Kita membuat perhitungan mengenai barang yang kita beli dan mengkalkulasi harga. Hal itu sangat membantu merangsang berbagai bagian otak. Tapi berhati-hatilah, pastikan belanjaan Anda tetap pada budget yang ditetapkan. Belanja melebihi budget justru membuat Anda stres.

5. Mandi dengan mata tertutup ternyata dapat merangsang kerja otak. Hal ini adalah cara untuk mempersempit fokus dan melatih memori. Anda akan berusaha mengingat letak sabun, shampo, dan peralatan mandi lain. Anda dapat mencoba trik ini juga di tempat lain, semisal di kamar saat ingin mencari benda. Tips ini diungkapkan oleh Ron White, yang menjuarai ajang lomba mengingat di Amerika Serikat.
   
Sumber : Metrotvnews.com

0 Response to "Belanja juga Bermanfaat untuk Kecerdasan Otak"

Post a Comment