Hindari 9 Hal Ini Demi Kesehatan Otak


Otak merupakan salah satu organ tubuh yang paling vital. Otak bagaikan pusat mesin yang kemudian berperan dalam menggerakkan seluruh anggota tubuh. Karena pentingnya hal tersebut, maka menjaga kesehatan dan kebugaran otak sangatlah penting. Terutama, Anda harus menghindari stres yang mampu menurunkan fungsi otak.

Berikut adalah hal yang sebaiknya Anda hindari demi kesehatan otak Anda.

Membebani otak Anda
Hindari membebani otak Anda dengan berbagai macam pikiran negatif yang pada akhirnya akan membuat Anda stres. Perilaku ini dapat membuat Anda merasa bingung, membuat otak terasa 'panas', dan pada akhirnya dapat menurunkan kesehatan mental dan otak Anda.

Makan junk food
Junk food atau makanan berlemak adalah salah satu jenis makanan yang sebaiknya jangan Anda konsumsi. Makanan ini mengandung lemak, garam, dan zat pengawet yang cukup tinggi dan pada akhirnya dapat merusak kesehatan sel otak serta menyumbat aliran otak Anda. Akibatnya kesehatan otak pun akan terganggu.

Abaikan 'alarm' di otak Anda
Otak memiliki 'alarm' tersendiri terutama menyangkut pengaturan kegiatan Anda sehari-hari dan tingkat kewaspadaan Anda. Hal ini akan melatih otak Anda supaya tetap tajam. Oleh karena itu jangan abaikan alarm otak Anda ketika berbunyi.

Melewatkan yoga atau relaksasi
Yoga atau relaksasi adalah kunci agar otak Anda tetap tenang. Kegiatan ini membuat otak Anda bernapas dan baik untuk mengelola stres.

Melakukan sesuatu tanpa dipikir lebih dahulu
Seringkali Anda berlaku menjadi manusia spontan yang memilih untuk langsung mengatakan 'ya' tanpa berpikir lebih dahulu. Perilaku ini memang mampu membuat hidup Anda menjadi lebih berwarna namun di saat bersamaan juga mampu meningkatkan stres Anda.

Melewatkan sarapan
Sarapan merupakan salah satu jam makan yang sayang untuk dilewatkan. Sarapan memberikan otak Anda nutrisi penting di pagi hari yang mampu membuat otak Anda tetap segar serta sehat.

Tidur kurang dari 7-8 jam
Jangan ragu untuk memberikan waktu yang cukup bagi otak Anda untuk beristirahat. Sebab ketika Anda tidur, maka Anda memberikan saraf otak Anda kesempatan untuk bertumbuh, menyingkirkan racun di otak, serta memulihkan energi.

Berteriak
Berteriak adalah salah satu bentuk ekspresi yang biasa Anda lakukan ketika sedang marah atau kesal. Namun tahukah Anda bahwa hal ini mampu membahayakan kesehatan otak Anda? Sebab selain membuat saraf otak Anda menegang, berteriak juga akan meningkatkan stres Anda secara drastis.

Lupa berlibur
Selain yoga atau relaksasi, berlibur adalah salah satu kunci untuk menyegarkan otak Anda. Tak perlu melakukan liburan yang mahal, hal sederhana saja seperti bersantai atau melakukan hal yang Anda sukai merupakan cara mudah untuk mengendurkan saraf otak.

Otak mampu mempengaruhi kesehatan mental dan fisik Anda. Oleh karena itu sebaiknya Anda menghindari melakukan hal di atas demi kesehatan otak Anda.

Sumber : merdeka.com

0 Response to "Hindari 9 Hal Ini Demi Kesehatan Otak"

Post a Comment