Tips Agar Tak Stres Hadapi Ujian Nasional


Gagal mengerjakan soal ujian nasional? Lembur belajar agar mudah mengerjakan seluruh soal? Atau malah malas belajar karena mengharapkan contekan atau bocoran? Perasaan-perasaan itu campur aduk menjelang detik-detik pelaksanaan UN.

Kesiapan materi ujian memang mutlak dibutuhkan, namun mental dan psikis juga tak bisa dikesampingkan. Berikut beberapa tips agar pelajar SMP sederajat dapat mengerjakan UN dengan tenang dan hasil memuaskan:

Pertama
Bahas soal dan kuasai semua materi yang diujikan. Langkah ini perlu diterapkan, yakni dengan cara mengatur waktu untuk membahas soal-soal tahun lalu atau soal dari mana saja. Semakin banyak soal yang dikerjakan, maka akan menambah pengalaman untuk menguasai variasi soal. Apalagi tak jarang beberapa soal tahun lalu muncul lagi di tahun berikutnya. Jika sudah menguasai materi dan biasa menjawab soal pasti tidak akan stres, malah akan sangat tenang dan tertantang segera mengikuti UN.

Kedua,
Ketahui pelanggaran dan persyaratan UN. Ingat, semua peserta wajib mengetahui semua peraturan UN, termasuk jangan lupa membawa alat tulis. Sejumlah persyaratan, sebaiknya dipahami sejak awal karena dan akan sangat rugi jika didiskualifikasi. Selain itu, jenis pelanggaran yang tidak dilakukan selama UN juga wajib diketahui agar panitia tidak tiba-tiba mendatangi meja dan melarang peserta mengikuti UN.

Ketiga,
Tenangkan diri. Jangan terbawa suasana di mana sejumlah peserta ketakutan tak dapat mengerjakan UN atau sibuk mencari bocoran. Mendekatkan diri pada Tuhan menjadi cara ampuh agar tidak terjebak dalam kekalutan.

Jika tiga tips tersebut dilakukan, maka para peserta akan lebih tenang dan siap UN. Setiap usaha yang dilakukan di awal menjadi sangat berarti agar tidak ada penyesalan di akhir. Selamat Ujian Nasional 2014, semoga lancar dan lulus 100 persen.


Sumber : Harianterbit.com

0 Response to "Tips Agar Tak Stres Hadapi Ujian Nasional"

Post a Comment