Ternyata Wanita Punya Otak Lebih Kecil Dibanding Pria

Tampaknya kaum wanita harus menerima kenyataan miris mengenai volume otaknya, karena penemuan baru-baru ini menunjukan perempuan memiliki otak yang lebih kecil ketimbang laki-laki. Tapi jangan terlalu khawatir, meskipun kenyataannya begitu wanita dapat menggunakan otaknya lebih efisien.

Hal ini desebabkan karena seorang wanita bekerja dengan menggunakan sedikit energi dan sel-sel otak yang lebih sedikit untuk mencapai hal yang sama, atau hasil yang lebih baik. Oleh karena itu wanita cenderung lebih efisien dibanding pria dalam bekerja.

Penjelasan lain karena lelaki memiliki lebih banyak bundel sel-sel otak yang penting untuk penalaran (neuron), namun wanita lebih banyak koneksi yang memungkinkan berpikir lebih cepat walau sedikit memiliki kekurangan.

Penelitian baru, yang dilakukan oleh ahli saraf University of California dibantu berawal dari mempertanyakan mengapa wanita dengan otak yang kecilnya 8 persen daripada laki-laki memiliki kecerdasan yang sama.

Ini terfokus pada bagian otak yang dikenal sebagai hippocampus, yang penting untuk memori dan emosi. Untuk laki-laki, hippocampusnya lebih besar, dan lebih banyak neuron, sehingga semakin tinggi intelijen.

Tetapi para peneliti menemukan, wanita, yang memiliki hippocampus yang lebih besar, biasanya lebih kecil dibanding milik pria. Namun, tidak ada indikasi kecerdasan yang lebih besar. Bahkan peneliti menduga semakin kecil hippocampus akan semakin baik.

Para ilmuwan melakukan tes psikologi pada 59 wanita dan 45 pria berusia 18-27 tahun.

Pada penelitian sebelumnya, peneliti mengungkap wanita lebih baik dalam penalaran induktif dan pelacakan perubahan situasi, sedangkan laki-laki menunjukkan kecakapan lebih besar pada penalaran spasial.

Profesor Cambridge University Trevor Robbins mengatakan, penelitian itu menarik tetapi pemeriksaan lebih lanjut diperlukan.

"Penelitian ini menunjukkan, pada wanita, semakin kecil hippocampus, semakin baik kerjanya. Ukuran struktur tidak selalu berkaitan dengan seberapa baik melakukannya," kata Profesor Robbins seperti dikutip Dailymail, Senin.

"Ukuran yang lebih kecil bisa mewakili kemasan sel saraf yang lebih intens atau sinyal lebih aktif, yang berarti mereka beroperasi lebih efisien"

Referensi lengkapnya lihat disini

0 Response to "Ternyata Wanita Punya Otak Lebih Kecil Dibanding Pria"

Post a Comment