4 Tips Meningkatkan Kemampuan Otak Orang Dewasa

Anda pasti merasa bahwa pada saat kita masih muda dulu kemampuan otak kita masih kuat apa lagi pada waktu kecil tampak sempurna. Perbedaan kemampuan otak anda pada saat tua menjadikan diri anda tambah pikun .

Apakah Anda sering lupa nomor PIN atau password komputer? Hal itu mungkin disebabkan karena perubahan usia dan biasanya hal tersebut dialami oleh seseorang yang sedang memasuki usia 30 tahun.

Untuk menghindari kejadian tersebut dan membuat otak tetap bisa bekerja secara optimal meskipun usia bertambah ada beberapa cara mengoptimalkan kinerja otak agar lebih baik dari sebelumnya :

1. Olahraga
Lakukanlah olahraga secara teratur karena bisa mencegah penurunan fungsi otak. Tim peneliti dari Beckman Institute dari University of Illinois, Amerika Serikat mereview beberapa penelitian tentang hubungan olahraga dengan fungsi otak.

Mereka menemukan bahwa aerobik bisa meningkatkan kerja otak dan menambah volume jaringan pada otak. Selain aerobik, berjalan juga cukup efektif mengoptimalkan kerja otak. Tips : Berjalanlah minimal 3 kali dalam satu minggu selama 50 menit. Tidak hanya membuat badan menjadi sehat, kerja otak Anda semakin maksimal.

2. Meditasi
Tidak hanya mengurangi stres dan tekanan pada pikiran, meditasi juga meningkatkan kerja lapisan korteks pada otak. Hal itu diketahui dari penelitian yang dilakukan tim dari Massachusetts General Hospital. Penelitian menunjukan seseorang yang sering bermeditasi kerja korteks lebih maksimal dibandingkan yang tidak bermeditasi.

Tips : Meditasi baiknya dilakukan 40 menit setiap hari, tetapi Anda bisa memulainya dengan bermeditasi selama 15 menit sebelum berangkat kerja. Duduk dengan posisi bersila, pejamkan mata, ambil nafas dalam-dalam dan buang secara perlahan.

3. Seks secara teratur
Berhubungan seks dapat melepaskan senyawa kimia yang dapat meningkatkan kekuatan otak, menurut buku terkini "Teach yourself. Training your brain" yang ditulis oleh pengajar senior dan seorang ahli biologi.

Seks adalah bentuk sempurna dari latihan, yang juga meningkatkan peredaran darah ke otak. Ia dapat mengurangi stress dan ketegangan yang menurunkan efisiensi kinerja otak. Disamping itu hubungan anda dengan pasanagan anda akan lebih harmonis dan tetap langgeng.

4. Pola Makan yang Baik
Berilah otakmu makanan yang mengandung anti oksidan dan omega 3 untuk memaksimalkan daya kerja saraf, sehingga otak mampu meningkatkan kinerjanya sampai kebatas maksimal. Untuk itu berhatikan kandungan gizi yang terkandung dalam makanan yang anda makan tiap hari.

Selain itu masih ada keuntungan lain dari pola makan sehat, kesehatan tubuh anda akan lebih terproteksi dari penyakit yang akan berdampak pada aktivitas yang tidak terbatasi oleh penyakit atau sering sakit-sakiatan.

Dari berbagai sumber

0 Response to "4 Tips Meningkatkan Kemampuan Otak Orang Dewasa"

Post a Comment