Wooww.. Tidur Ternyata Bikin Kuat Daya Ingat

Tidur ternyata bisa memperkuat ingatan. Hal itu terungkap setelah para peneliti Amerika Serikat melakukan studi bahwa tidur setelah belajar mendorong pertumbuhan dendritic spine, tonjolan membran yang menjadi penerima utama masukan rangsangan sinaptik dalam sistem syaraf pusat.

Aktivitas sel-sel otak saat tidur nyenyak setelah belajar sangat kritis untuk pertumbuhan dendritic spine.

“Kita sudah lama tahu bahwa tidur punya peranan penting dalam proses pelajar dan mengingat. Kalau kau tidak tidur dengan baik kau tidak akan belajar dengan baik,” kata peneliti senior Wen-Biao Gan, profesor ilmu syaraf dan fisiologi di New York University.

Gan dan koleganya menggunakan tikus yang secara genetik sudah direkayasa untuk mengekspresikan protein berpendar dalam sel-sel syaraf atau neuron. Mereka mampu melacak pertumbuhan dendritic spine sepanjang cabang dendrit sebelum dan sesudah tikus belajar menjaga keseimbangan
dalam putaran, melalui mikroskop dengan pemindai laser khusus yang menerangi kilau protein berpendar di bagian otak yang disebut motor cortex.

Mereka melatih dua kelompok tikus. Satu kelompok tikus di putaran selama satu jam dan kemudian tidur selama tujuh jam dan kelompok tikus kedua latihan satu jam di putaran lalu terjaga selama tujuh jam.

Para peneliti menemukan, tikus-tikus yang kurang tidur menunjukkan petumbuhan dendritic spine lebih rendah dibanding tikus-tikus yang beristirakat cukup.

Sumber : harianterbit.com

0 Response to "Wooww.. Tidur Ternyata Bikin Kuat Daya Ingat"

Post a Comment