Tingkatkan Produktivitas Dengan Tidur Siang

Dengan melakukan istirahat atau tidur siang setiap harinya Anda dapat menjadi lebih produktif. Bangun di pagi hari, pergi kerja dan menghabiskan tenaga Anda untuk bekerja sepanjang hari terkadang sangatlah melelahkan dan memberikan beban yang besar. Semua itu dapat dicegah denagn tidur siang dan itu adalah ide yang sangat baik. Berikut alasannya.

Berapa lama waktu ideal untuk tidur siang, seperti dikutip dari laman tahupedia.com yaitu :

Tidur Siang Selagi Kerja

Beberapa dari Anda pasti sudah pernah merasakan tidur siang dan pada saat Anda terbangun, Anda merasa lebih lelah dan malas untuk beraktivitas. Tidur siang atau istirahat sejenak ini sendiri sebenarnya sudah ide yang baik hanya saja jika itu dilakukan dalam rentang waktu yang benar. Jadi berapa lamakah waktu ideal untuk tidur siang atau istirahat ini?

10 Hingga 20 Menit - Paling Ideal

Lamanya waktu tidur siang dari 10 hingga 20 menit adalah waktu paling ideal untuk meningkatkan energi dan fokus Anda. Waktu tidur yang sebentar ini juga mencegah Anda utnuk masuk ke kondisi tidur yang lebih dalam.

30 Menit

Penelitian menunjukkan bahwa jika Anda tidur siang sekitar 30 menit-an, maka otak Anda akan mulai memproses berbagai informasi yang Anda terima sbeelumnya, seperti mengingat nama, muka, gambar dan informasi lainnya. Namun ada kemungkinan Anda akan mulai merasakan rasa lelah sejenak (sleep inertia) sebelum Anda mendapatkan berbagai keuntungan tidur siang Anda.

60 Menit

Jika Anda tidur siang lebih dari 30 menit maka rasa lelah sejenak atau sleep inertia sudah pasti akan Anda rasakan, hal ini disebabkan Anda mulai masuk ke sebuah kondisi yang dikenal dengan nama deep sleep atau tidur mendalam.

90 Menit

90 Menit adalah siklus penuh saat seseorang tertidur dan mengarah ke REM (Rapid Eye Movement), yaitu saat dimana Anda mulai bermimpi. Setelah Anda tertidur selama 90 menit, maka kreativitas, ingatan, dan emosi Anda akan lebih baik. Setelah Anda terbangun dari siklus tidur ini, Anda hanya akan mengalami sedikit rasa lelah seperti baru bangun pagi dibandingkan hanya tidur 60 menit.

Melalui penjelasan ini maka dapat dikatakan waktu paling ideal untuk meningkatkan produktivitas Anda adalah tertidur selama 10-20 menit. Karena kita tidak mau mengalami rasa lelah saat mulai bekerja atau beraktivitas kembali. Hindari tidur siang terlalu lama.

Waktu Untuk Tidur Siang

Waktu paling ideal dan tepat untuk tidur siang adalah sekitar jam 1 hingga jam 4 siang, namun itu tidaklah berlaku secara absolut ke semua orang. Ini tergantung atas kapan orang itu bangun dan tidur malam. Tapi pada umumnya, sekitar jam 1 hingga 4 siang adalah waktu paling tepat karena tidur siang melebihi rentang waktu ini akan membuat Anda susah tidur di malam hari.

Tidur Siang Bersama

Tidur siang dalam rentang waktu optimal dan pada waktu yang tepat dapat memberikan berbagai kelebihan atau keuntungan seperti energi, ingatan yang lebih baik, fokus, mengurangi stres, kreativitas dan juga tentunya beristirahat sejenak dengan melupakan berbagai beban pikiran sebelumnya.

Nap Salon

Ide dari tidur siang ini sendiri pada awalnya berasal dari Eropa Selatan dan menyebar ke berbagai negara khususnya Jepang. Dimana mereka sangatlah menghargai yang namanya tidur siang, karena mereka percaya bahwa tidur siang dapat membuat mereka lebih produktif. Melalui kepercayaan inilah didirikan yang namanya nap salon.

Pada nap salon, pekerja atau orang-orang dapat tidur siang di tempat ini dengan suasana, fasilitas, pelayanan dan tempat yang telah mereka sediakan. Nap salon ini telah didirkan di berbagai kota utama di Jepang. Namun tidak hanya terbatas di Jepang saja, Nap Salon ini juga telah didirikan di berbagai negara.

Melalui artikel ini dapat diambil kesimpulan bahwa tidur siang memang sangat bermanfaat. Namun hindari jika Anda mengalami insomnia (kesulitan tidur) atau sleep apnea (kesulitan tidur dengan karakteristik gangguan pernapasan).

0 Response to "Tingkatkan Produktivitas Dengan Tidur Siang"

Post a Comment