Inilah Akibat Terparah Jika Anda Suka Mengkonsumsi Kokain

Vokalis Fleetwood Mac, Stevie Nicks, baru-baru ini mengungkapkan bahwa ia menyerah menggunakan narkoba jenis kokain pada 1980-an. Menurut dokter, jika Stevie Nicks tetap menggunakan kokain, ia akan mengalami pendarahan otak.

Ahli pengobatan kecanduan, Dr David Sack, CEO Promises Treatment Centers di Malibu, California, mengungkapkan beberapa fakta tentang kokain yang bisa berakibat fatal bagi tubuh penggunanya. Berikut ulasannya:

1. Kokain dapat menyebabkan pendarahan otak
Ya, kokain dikaitkan dengan pendarahan otak, menurut penelitian yang diterbitkan di Stroke: Journal of the American Medical Association. Alasannya, kokain menyebabkan tekanan darah dan detak jantung meroket, yang dapat menyebabkan aneurisma otak.

"Dan jangan mengandalkan penggunaan kasual untuk melindungi Anda. Bahkan pengguna pertama kali dapat menjadi korban," kata Dr David.

Perlu alasan lagi? Pasien yang mengalami perdarahan otak akibat kokain hampir tiga kali lebih mungkin meninggal dibandingkan mereka yang berdarah tidak terkait dengan penggunaan obat, kata Dr David.

2. Kokain bisa menghentikan jantung
Terjadi seperti itu saja. Biasa menggunakan kokain juga terkait dengan rangkaian masalah jantung yang tidak menyenangkan di antaranya serangan jantung, stroke, dan keluarnya cairan berbahaya pada dinding arteri utama jantung yang dikenal dengan diseksi aorta.

3. Kokain dapat menyebabkan kerusakan neurologis jangka panjang
Sebuah penelitian dari Rumah Sakit St. Jude Children's Research, Memphis, menemukan bahwa orang dewasa yang menyalahgunakan kokain dapat meningkatkan risiko terserang gangguan neurologis yakni penyakit parkinson. Selain itu, wanita hamil yang menggunakan kokain memungkinkan bayinya terkena parkinson suatu hari nanti.

4. Kokain dapat menghancurkan hidung
Ini bukan hanya legenda kaum urban, kata Dr David. Mendengus atau menghirup kokain melalui lubang hidung dapat melubangi septum (dinding pembatas hidung). Gitaris The Rolling Stones, Ronnie Wood, dilaporkan menderita efek samping penggunaan kokain ini. Bahkan ada hidung pengguna kokain yang rata keluar.

"Dosis tinggi dan penggunaan jangka panjang kokain dapat menyebabkan seseorang menjadi tidak menentu atau kekerasan dan dapat memicu serangan panik, insomnia, dan paranoia," kata Dr David.

Sumber : metrotvnews.com

0 Response to "Inilah Akibat Terparah Jika Anda Suka Mengkonsumsi Kokain"

Post a Comment