10 Kebiasaan Efektif Membantu Saat Anda Belajar

Kebiasaan belajar yang efektif saat belajar membuat dunia Anda berbeda dengan mereka yang tidak mempunyai kebiasaan yang efektif saat belajar. Mereka dapat berarti perbedaan antara lulus dan gagal. Dengan teknik belajar yang baik, Anda juga akan dapat belajar dengan waktu yang sedikit tapi dengan hasil yang lebih baik. Bukankah itu cukup untuk membuat Anda ingin mulai belajar yang lebih baik?
 
Ini tidak sulit untuk mengembangkan kebiasaan belajar yang efektif. Anda tidak harus muda untuk memulainya. Siapapun dapat mempelajari cara yang tepat untuk belajar, tanpa memandang usia mereka.

Berikut Adalah beberapa tips kebiasaan efektif yang akan mebantu Anda saat belajar:


1. Buat Jadwal waktu untuk belajar.
Sangat penting bahwa Anda harus menyisihkan cukup waktu untuk belajar dan menyelesaikan semua tugas Anda. Jadilah proaktif dan rencanakan jauh-jauh hari sebelum tanggal tes datang. Ini jauh lebih efektif untuk belajar dengan waktu yang singkat di hari-hari menjelang tes daripada belajar selama berjam-jam di malam sebelum ujian. itu akan membuat Anda tidak dapat konsentrasi saat tes datang,


2. Belajar di tempat yang tenang.
Anda harus cari tempat yang tenang dan nyaman yang kemungkinan Anda akan mudah fokus saat Anda belajar, Anda tentu tidak ingin banyak gangguan ketika Anda mencoba untuk belajar. belajar di depan TV bukanlah ide yang baik untuk belajar karena Anda akan lebih fokus memperhatikan TV dari pada fokus apa yang sedang Anda pelajari. jika rumah Anda terlalu berisik, cobalah untuk belajar di perpustakaan terdekat atau ke tempat tempat yang lebih tenang, itu akan membuat Anda lebih fokus dan mudah memahami apa yang sedang Anda pelajari.

3. Cobalah untuk meniru kondisi tes.
Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan belajar di lingkungan yang mirip dengan salah satu di mana Anda akan mengikuti tes, jadi saat Anda belajar Anda harus merasa bahwa Anda sedang mengikuti tes, jika rasa itu ada pada diri Anda, maka Anda akan lebih mudah berkonsentrasi dan fokus pada apa yang Anda pelajari.

4. Buat catatan.
Sangat penting bahwa Anda harus membuat catatan baik di kelas ataupun pada setiap bacaan yang Anda pelajari. Anda hanya perlu mencatat bagian bagian pokoknya saja, yang penting Anda memahami apa yang Anda catat. dengan mencatat Anda akan lebih mudah mempelajarinya, karena yang Anda catat singkat tapi mudah untuk di paham, jadi Anda lebih menikmati saat membaca catatan Anda.

5. Tinjau catatan Anda.
Ambil 15 menit sehari untuk meninjau catatan Anda, terutama di hari-hari menjelang ujian besar. Ini akan membantu Anda untuk menjaga daya ingat Anda. dan Anda akan lebih siap untuk menghadapi ujian tersebut.

6. Perhatikan hal-hal yang mungkin ada pada tes.
Anda harus memperhatikan hal hal yang di ajarkan guru dengan berulang ulang, pelajaran itu mungkin akan masuk dalam tes yang akan datang, jadi Anda harus menandai konsep tersebut dalam catatan Anda, sehingga ketika Anda belajar Anda akan lebih memberikan perhatian khusus terhadap catatan tersebut.

7. Prioritaskan.
Jangan jatuh ke dalam perangkap menyelesaikan tugas yang paling mudah terlebih dahulu. hal ini banyak di lakukan setiap orang. dan Hal ini sering membuat banyak waktu untuk tugas-tugas yang lebih menantang yang mungkin lebih penting. Prioritaskan semua pekerjaan Anda, sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda dapat melakukan segala sesuatu yang perlu Anda lakukan.

8. Ambil istirahat.
Ketika Anda belajar untuk jangka waktu yang lama, pikiran Anda mulai akan merasa membosankan atau kurang efektif. Untuk mengatasi ini Anda harus mengambil 5 menit istirahat pendek setiap jamnya. Lakukan beberapa peregangan, meraih camilan sehat, atau berjalan-jalan singkat. Anda akan menemukan bahwa Anda akan datang kembali dengan lebih segar dan siap untuk belajar lagi dan lagi.

9. Belajar terus menerus.
Belajar tidak harus sesuatu yang Anda hanya lakukan sebulan sekali. Sangat penting bahwa Anda harus meluangkan waktu untuk mempelajari dan menanggapi. Cobalah untuk membuat waktu setiap beberapa hari untuk belajar.

10. Menghafal.
Biasakan Anda untuk menghafal setiap pelajaran baru, tapi yang perlu Anda hafalkan hanya bagian pokoknya saja. jika cara itu Anda lakukan maka Anda akan lebih menikmati dan tidak merasa bosan ketika Anda mencoba menghafal pelajaran baru.  itu juga akan membuat Anda lebih siap menghadapi tes yang akan datang. menghafal juga dapat mempertajam daya ingat Anda.
 
Itulah beberapa cara dari saya yang dapat Anda pratekkan untuk mempunyai kebiasaan yang efektif saat belajar.
Referensi

1 Response to " 10 Kebiasaan Efektif Membantu Saat Anda Belajar"