Cek Update Status Facebook Bisa Bikin Otak Encer

img

Lupa tentang hal-hal kecil seperti pembahasan meeting di kantor, tempat menaruh kunci mobil atau lupa mematikan TV ketika meninggalkan rumah memang mengesalkan dan bisa menghambat aktivitas. Lupa terhadap persoalan sederhana tersebut, berarti ada sedikit masalah dalam kemampuan otak yang disebut 'working memory'. Tapi tak perlu khawatir, ingatan bisa dipertajam dengan melakukan hal-hal sederhana dan cenderung mudah, yang mungkin tidak pernah Anda sangka. Ini caranya, seperti dikutip dari Daily Mail.

1. Corat-coret Kertas
Saat duduk lama untuk mengikuti meeting atau mengikuti kelas kuliah, seringkali ada saja penjelasan dari rekan kerja atau dosen yang terlupakan. Sebab ketika duduk terlalu lama tanpa ada sesuatu yang dikerjakan, sejumlah kemampuan memori di otak akan mati. Tapi Anda bisa mengatasinya dengan mencorat-coret gambar atau tulisan di kertas. Menulis secara random saat telinga Anda mendengar bisa mencegah memori Anda 'melayang'.'

2. Rajin Membaca
Membaca adalah 'olahraga' bagi otak karena bisa meregangkan otot-otot memori untuk mengingat kembali informasi dari halaman dan bab sebelumnya. Otak akan mengantisipasi informasi yang datang berikutnya, menafsirkan kata-kata, kalimat dan ide selagi membaca. Tingkatkan kemampuan mengingat Anda dengan membaca buku-buku baru dari penulis dan gaya penulisan yang berbeda.

3. Masak Tanpa Melihat Resep
Baca buku resep, ingat-ingat, lalu masak tanpa melihat lagi resep yang sudah Anda baca. Cara ini akan 'memaksa' Anda untuk mengingat bahan-bahan dan langkah-langkah di pikiran, sekaligus menerapkannya dalam tindakan fisik. Aktivitas multi-tasking sederhana yang sangat bagus untuk melatih kemampuan mengingat Anda.

4. Menghirup Rosemary
Salah satu jenis tanaman herbal ini telah terbukti lewat beberapa penelitian bisa meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat. Rosemary memiliki aroma yang merangsang produksi acetylcholine, hormon yang berperan penting dalam menjaga pikiran tetap fokus. Teteskan sedikit minyak esensial rosemary di sapu tangan atau tisue, dan hirup aromanya tiap kali Anda membutuhkan.

5. Cek Facebook
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa Facebook --dengan penggunaan yang tidak berlebihan-- bisa mempertajam ingatan. Para ilmuwan berpendapat, ketika Anda mengecek update status, Anda menggunakan memori untuk menghapus informasi sebelumnya (yang ditulis dalam status sebelumnya) dan menggantinya dengan data baru.


Referensi

0 Response to "Cek Update Status Facebook Bisa Bikin Otak Encer"

Post a Comment