Ternyata Tinggi Badan Dapat Mempengaruhi Kecerdasan Seseorang

detail berita
Memperhatikan asupan gizi sangat penting untuk pertumbuhan tubuh yang tinggi. Selain untuk penampilan, tubuh tinggi juga memengaruhi tingkat kecerdasan. Benarkah?

Penelitian baru menunjukkan, orang yang memiliki tubuh lebih tinggi cenderung sedikit lebih pintar. Bahkan, dari gen yang sama juga dapat memengaruhi sifat turunannya. Artinya, orang dengan tubuh tinggi lebih mungkin untuk mempunyai keturunan lebih pintar.

Lebih lanjut, penelitian yang dipimpin Uiversity of Colorado Boulder menyatakan tidak menemukan bila faktor lingkungan juga berkontribusi terhadap hal tersebut. Artinya, mereka tidak melihat adanya hubungan antara tubuh lebih tinggi bisa menjadi lebih cerdas karena faktor lingkungan.

Sementara, korelasi sederhana antara tubuh tinggi dan IQ telah tercatat dalam banyak studi dari tahun 1970. Namun, para ilmuwan belum mampu menjelaskan hubungan tersebut. Tetapi, para peneliti mengatakan, temuan mereka mendukung terhadap gagasan “pilihan sifat” karakteristik yang diinginkan individu dalam menemukan pasangan cenderung lebih berkaitan.

“Bukan hanya pada manusia, tetapi juga pada binatang. Anda melihat bahwa sifat-sifat yang menarik secara seksual cenderung berkorelasi,”kata Matthew Keller, asisten profesor psikologi dan ilmu saraf dalam The Public Library of Science Journal PLOS Genetic, dikutip Newsmaxhealth.

Referensi

1 Response to "Ternyata Tinggi Badan Dapat Mempengaruhi Kecerdasan Seseorang"

  1. nggak setuju. saya nggak terlalu tinggi. bahkan mungkin terpendek kedua di kelas. tapi saya bisa menang olimpiade nasional maupun internasional. di jepang dan hongkong. menurut saya, itu tergantung keinginan, dan usaha orang itu sendiri.

    ReplyDelete