Cara Menerapkan Fungsi Otak Kanan Dalam Bisnis

Fenomena otak kanan terus menjadi pembicaraan, termasuk kegunaannya untuk berbisnis. Konon kabarnya, kegagalan dalam bisnis disebabkan  hanya mengandalkan otak kiri semata.

Mereka melupakan otak kanan, padahal otak kanan adalah penentu kesuksesan bisnis.

Seberapa hebatkah otak kanan? Robi'ah Awamy dalam bukunya yang berjudul "Jebol Pintu Sukses Bisnismu dengan Otak Kanan" coba mengungkapnya, agar mereka yang ingin sukses dalam bisnis bisa merasakan hebatnya si otak kanan.

Mereka yang telah mempraktekkan telah membuktikan hasilnya.

Buku ini dibuka dengan jabaran tentang kehebatan otak secara keseluruhan, khususnya otak kanan.Otak kiri berkaitan dengan hal-hal yang berhubungan dengan logika, angka, tulisan, kecerdasan, hitungan, analisis dan daya ingat jangka pendek. Istilah populer yang sering dikaitkan dengan otak kiri antaranya berkaitan dengan akademik, intelektual dan bisnis.

Sementara otak kanan berhubungan dengan kreatifitas, imajinasi, musik, warna, bentuk, emosi, dan untuk daya ingat jangka panjang. Istilah populer untuk otak kanan antaranya artistik, kreatif dan naluriah. Pada dasarnya otak seorang manusia berfungsi seperti super komputer yang mempunyai kemampuan dan kapasitas visual, audio, matematis, analitis dan psikis yang mengagumkan.

Hal itu ditunjang oleh berjuta-juta sel otak yang bereaksi antar sel dengan cara yang hingga saat ini belum diketahui para ilmuwan.

Sementara hasil penelitian para ahli otak menyebutkan, rata-rata individu baru menggunakan otaknya kurang dari 1%. Jadi masing-masing individu memiliki potensi luarbiasa yang belum dimaksimalkan.

Menurut Ippo Santosa, dengan pola pikir lateral, orang yang otak kanannya kuat akan mampu menyikapi ketidakpastian, perubahan dan risiko. Akhirnya mereka mampu menjadi penemu dan pemimpin. Ia menyebut orang yang kuat otak kanannya sebagai golongan kanan.

Otak kanan menentukan 80% kesuksesan karena tidak terpisahkan dengan Emotional Quotation (EQ). Otak kanan juga akan mengubah seseorang lebih self motivated, superl, cerdas secara emosi, dan awet muda.

Menurut Thomas Friedman, penulis yang mendapat penghargaan Pulitzer, jika Anda ingin mengasah otak kanan maka lakukanlah sesuatu yang Anda cintai. Golongan kakan melakukan sesuatu karena panggilan jiwa, bukan panggilan kerja. Ia bekerja dengan sepenuh hati, bukan sepenuh gaji.

Untuk diketahui, 15-20% penduduk bumi termasuk golongan kanan. Lalu bagaimana dengan sisanya yang 80%. Anda pasti tahu jawabannya.

Pada waktu terjaga, otak kiri manusia lebih aktif bekerja. Sementara saat tidur, otak kananlah yang lebih aktif bekerja. Kedua belah otak ini saling mendukung.

Sementara karakteristik berbisnis dengan otak kanan, tidak menjadikan modal uang adalah segala-galanya. Kekuatannya berada pada keberanian untuk memulai tanpa takut dengan risiko yang menghadang.

Berikutnya, berani memulai usaha. Ia akan langsung memulai usaha, lupakan sejenak risiko yang bakal menghadang. Risiko pasti ada, itulah tantangan yang harus ditaklukkan.

Masih banyak lagi yang diungkapkan penulis buku ini akan kehebatan otak kanan. Penulis juga menyisipkan para pengusaha yang sukses beraliran otak kanan. Anda pasti akrab dengan nama-nama mereka.

So semoga artikel diatas bermanfaat bagi kita semua, bermanfaat bagi kami maupun anda sebagai pembaca. Kami ucapkan banyak terimakasih telah mengunjungi situs ini, jika ada kritik atau saran silahkan poskan dikotak komentar untuk menyempurnakan situs ini.

Dari berbagai sumber

1 Response to "Cara Menerapkan Fungsi Otak Kanan Dalam Bisnis"

  1. orang sukses biasanya memliki mental yang sangat pemberani. otak kanan juga memiliki sfat seperti ini ternyata.. terimakasih karena telah berbagi .. kalau begitu sya juga mau berbagi nih tantang AKTIVASI OTAK KANAN brangkali bisa jadi manfat buat agan.. klik sja link ini >> GERAKANSENAM OTAK

    ReplyDelete