Mengapa Stres Dapat Menyebabkan Otak Mengecil ?

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa hormaon stres seperti Kortisol, sangat beresiko bagi penderita hipertensi, penyakit jantung dan sebagainya. Dan ternyata hormone stres tersebut dapat menyebabkan otak mengecil.

Hal ini dapat terjadi karena stres dapat mempengaruhi kemampuan berpikir daya ingat yang menyebabkan kondisi tubuh atau daya tahan tubuh kita akan berkurang dan dapat memudahkan penyakit menyerang tubuh kita.

Bagian otak yang berfungsi dalam proses belajar dan daya ingat adalah Hippokampus (bagian di Otak), ia akan mengecil jika hormone stres tinggi.

Hormon stres atau Kortisol yang tinggi akan menyebabkan kemampuan kemampuan daya ingat akan menurun. Selain itu, paparan yang lama terhadap kadar kortisol yang tinggi akan membuat daerah hippokampus di otak, mengecil sebanyak 14%.

Ternyata stres menyerang berbagai usia, bahkan anak-anakpun dapat terserang stres. Keadaan ekomoni salah satu factor yang mempengaruhi stres. Walaupun stres pada anak terjadi secara temporer.

Stres membuat tubuh anda lebih rentan saat anda, misalnya terkena flu, atau situasi yang lebih serius, seperti kanker. Penyakit lain yang memiliki kaitan dengan stres antara lain rhematoid arthritis, multiple scelerois, penyakit Crohn, diabates tipe 1 serta lupus.

Bersikap tenang atau berpikiran positif, salah satu langkah yang paling efektif dalam mengatasi stres. Atau cara-cara lainnya dengan melakukan terapi, seperti menghirup udara segar atau aroma terapi dan cara yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita adalah dengan mendengarkan musik.

Linalool adalah salah satu aroma terdapat pada jeruk, anggur, lemon, kemangi, lavender, dan lain-lain. Menurut para ahli dengan mengatasi stres dengan mengirup linalool akan menurunkan kadar sel-sel stres yang terdapat dalam aliran darah, serta dapat mengurangi 100 gen lebih yang bergerak cepat saat stres.

Memberikan senyuman dengan tulus akan membuat anda lebih segar dan tidak terlihat tegang, palilng tidak dapat mengindari otak anda mengecil.

So semoga artikel diatas bermanfaat bagi kita semua, bermanfaat bagi kami maupun anda sebagai pembaca. Kami ucapkan banyak terimakasih telah mengunjungi situs ini, jika ada kritik atau saran silahkan poskan dikotak komentar untuk menyempurnakan situs ini.

Referensi lengkapnya lihat disini

1 Response to "Mengapa Stres Dapat Menyebabkan Otak Mengecil ?"