Inilah 13 Cara Terbaik Dalam Mencegah Penurunan Daya Ingat

Sebuah survei online dilakukan oleh para peneliti Australia terhadap 29.500 orang responden yang telah diseleksi dan termasuk kategori orang-orang yang memiliki daya ingat kuat.

Caranya pun beragam, mulai dari menjalani hidup sehat hingga melakukan kebiasaan sederhana tiap harinya. Simak, 13 hal yang bisa bantu mencegah pikun dan tingkatkan daya ingat, seperti dikutip dari Health.

1. Olahraga pagi sebelum bekerja
Olahraga meningkatkan peredaran darah ke otak dan menyuplai lebih banyak oksigen serta glukosa yang sangat dibutuhkan sebagai bahan bakar. Berdasarkan penelitian, Bujang Dare dapat mempelajari kosakata baru 20% lebih cepat setelah berolahraga. Disarankan untuk mengambil kelas aerobik atau beladiri, agar Bujang Dare dapat melatih memori dengan menghafalkan gerakan yang diberikan oleh instruktur.

2. Ganti font tulisan
Apakah Bujang Dare biasanya menggunakan font Times New Roman? Cobalah mengganti font tulisan Bujang Dare. Memfokuskan otak terhadap jenis font tulisan yang berbeda dapat meningkatkan kinerja otak. Mengubah font tulisan dari Times New Roman menjadi Comic Sans Italicized misalnya, dapat melatih otak untuk lebih berkonsentrasi.

3. Perhatikan tempat parkir kendaraan
Selalu lupa di mana Bujang Dare memarkir kendaraan? Cobalah cara ini untuk mengatasinya. Begitu keluar dari mobil / turun dari motor, lihatlah ke sekeliling tempat parkir Bujang Dare, lalu gerakkan mata Bujang Dare ke kiri dan kanan setiap satu atau dua detik selama 30 detik. Latihan visual ini dapat meningkatkan memori jangka panjang  hingga 10%.

4. Tidak sarapan berkarbohidrat
Sebuah penelitian di Tuft University menemukan bahwa mereka yang tidak mengonsumsi karbohidrat di pagi hari memiliki daya ingat yang buruk. Sel otak Bujang Dare membutuhkan karbohidrat untuk berfungsi secara optimal. Roti gandum panggang misalnya, mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk diet dan otak.

5. Browsing mengenai hal yang tidak disukai
Padahal, sebuah studi di University of California menunjukkan bahwa menghabiskan waktu selama satu jam sehari di internet dan browsing mengenai hal yang Bujang Dare sukai dapat menstimulasi bagian frontal lobe otak, yang menyimpan memori jangka pendek. Sirkuit syaraf akan lebih terangsang ketika Bujang Dare melakukan pengambilan keputusan sambil mengasah kemampuan verbal dan visual-spasial Bujang Dare.

6. Tidak ingin menjadi pemimpin
Para peneliti dari University of New South Wales, Australia telah menemukan bahwa dengan menjadi seorang pemimpin dapat memberi perubahan struktural dalam otak dan melindungi memori di usia tua. Mereka telah membentuk hubungan antara pengalaman manajerial, efisiensi kerja yang tinggi, dan juga ukuran dari zona otak yang bertanggung jawab untuk belajar pada usia 80 tahun.

7. Tidak mengonsumsi alkohol
Mereka dengan memori yang kuat ternyata jarang mengonsumsi minuman2 beralkohol, karena ternyata alkohol dapat merusak sistem saraf dan melemahkan kemampuan otak.

8. Menonton televisi tidak lebih dari satu jam setiap harinya
Orang-orang berdaya ingat kuat jarang melihat tontonan2 yang tidak terlalu penting, kecuali tontonan yang sifatnya mengedukasi. Mereka lebih sering membaca ketimbang menonton.

9. Sering membaca novel
Dengan membaca novel, otak akan dilatih berpikir dan menebak-nebak apa yang akan terjadi. Alur cerita novel yang berliku-liku akan membuat otak terus berpikir tapi dalam bentuk petualangan otak yang lebih menarik dan seru.

10. Selalu menyilang-nyilangkan dan menyambung-nyambungkan data
Kemampuan otak akan terus meningkat ketika data yang masuk ke dalamnya terhubung satu sama lain. Dengan menghubung2kan seperti itu, sebuah data akan tersimpan dan tertanam dalam otak lebih kuat lagi.

11. Tidak pernah lupa mengonsumsi ikan
Ikan diketahui merupakan sumber protein yang berfungsi meregenerasi sel-sel mati. Sel-sel otak pun harus terus diregenerasi. Beberapa jenis ikan seperti salmon dan sarden mengandung omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan sel-sel otak dan kemampuan mengingat seseorang.

12. Meminum teh atau kopi
Teh dan kopi mengandung kafein yang bisa memacu kerja jantung dan otak untuk terus terjaga dan bekerja lebih baik lagi. Namun konsumsi yang berlebihan, terutama kopi bisa berakibat fatal. Minumlah dalam dosis yang sewajarnya.

13. Selalu membuat catatan dalam bentuk jurnal atau notes kecil
Data yang masuk ke otak kita tanpa tercatat mungkin saja menempel dan mungkin juga tidak. Namun jika data tersebut dicatat, maka kita dapat melihatnya kembali ketika lupa. Mencatat juga ternyata bisa meningkatkan kemampuan otak untuk menghafal hingga 20 pers

So semoga artikel diatas bermanfaat bagi kita semua, bermanfaat bagi kami maupun anda sebagai pembaca. Kami ucapkan banyak terimakasih telah mengunjungi situs ini, jika ada kritik atau saran silahkan poskan dikotak komentar untuk menyempurnakan situs ini.

Dari berbagai sumber

1 Response to "Inilah 13 Cara Terbaik Dalam Mencegah Penurunan Daya Ingat"