Hanya Dengan Tidur Cukup Setiap Hari Dapat Melindungi Otak

Selama ini, proses tidur diketahui hanya untuk upaya mengembalikan stamina dalam tubuh. Tetapi tahukah Anda bahwa ternyata tidur juga bisa membantu melindungi otak kita?

Ya, hal itu berdasarkah hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Neuroscience. Dijelaskan bahwa proses tidur bisa membantu otak mengisi sel-sel dan memperbaiki dirinya sendiri lebih cepat.

Dalam hasil penelitian itu, peneliti berusaha untuk menemukan bagaimana tidur memengaruhi produksi oligodendrocytes - sel yang bertanggung jawab untuk membuat myelin di otak. Di mana mylelin ini memproduksi dua manfaat bagi otak yaitu dalam menanggapi saat ada cedera dan juga bertindak sebagai isolasi untuk kedua otak dan sumsum tulang belakang agar memungkinkan impuls listrik otak untuk bergerak dari sel ke sel.

Lebih dalam lagi, para peneliti memelajari aktivitas otak dua kelompok itu dimana satu kelompok diizinkan untuk tidur normal dan satu lagi kekurangan tidur. Kemudian, peneliti membandingkan aktivasi gen mereka berkaitan dengan produksi myelin.

Tim peneliti menemukan bahwa gen yang memungkinkan untuk pembentukan aktif mylin terjadi selama dalam tidur, sementara gen yang kurang tidur ditemukan pengaktifan hormon stres dan kematian sel.

"Temuan ini mengisyaratkan bagaimana tidur atau kurang tidur bisa memperbaiki, atau bahkan malah merusak otak seseorang,"kata Mehdi Tafti, dari University of Lausanne di Swiss, yang tidak terlibat dengan hasil penelitian ini, seperti dilansir dari laman okezone.com.

Dr Chiara Cirelli penulis penelitian dari University of Wisconsin di Madison juga menyarankan bahwa temuan ini bisa menunjukkan bahwa kurang tidur kronis bisa memperburuk beberapa gejala pada pasien dengan multiple sclerosis.

0 Response to "Hanya Dengan Tidur Cukup Setiap Hari Dapat Melindungi Otak "

Post a Comment