Tikus Kota Lebih Pintar Dari Tikus Desa

Penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa 'penduduk' yang tinggal di perkotaan memiliki struktur otak yang lebih besar ketimbang mereka yang tinggal di desa. Peneliti menemukan hasil ini dari dua spesies mamalia, yakni kelelawar dan tikus.

Tim peneliti dari University of Minnesota, melakukan penelitian dari sepuluh kerangka kepala spesies mamalia kecil dan menemukan dua di antaranya memiliki perbedaan dengan spesies yang tinggal di desa. Kerangka otak mamalia di kota lebih besar ketimbang yang dimiliki oleh mamalia pedesaan.

Hal ini tentulah bukan karena evolusi radiasi nuklir atau berbagai efek teknologi seperti di film-film. Ahli biologi Emilie Snell-Rood mengatakan manusialah yang memaksa struktur otak mamalia ini jadi tumbuh lebih besar.

"Manusia memaksa mamalia ini untuk berevolusi secara radikal dalam mengubah habitatnya. Hanya mereka yang mampu bertahan hidup paling baik yang akan bertahan hidup," kata Snell-Rood seperti dikutip dari New York Times.

Lebih lanjut, Snell-Rood mengungkapkan otak kelelawar dan tikus di pedesaan juga cenderung mengalami perubahan yang dramatis. Perubahan tersebut juga masih disebabkan oleh aktivitas manusia di lingkungannya.

Sumber : okezone.com

0 Response to "Tikus Kota Lebih Pintar Dari Tikus Desa"

Post a Comment