10 Makanan yang Bisa Bikin Insomnia


Insomnia atau sulit tidur merupakan gangguan umum yang menimpa banyak orang. Biasanya orang akan menyalahkan tekanan pekerjaan atau masalah dalam hidupnya. Padahal, pelaku sesungguhnya bisa karena makanan.

Untuk memahami penyebab insomnia, penting bagi seseorang untuk menyadari bahwa kita perlu mengubah gaya hidup sesuai dengan kebutuhan tubuh dibanding kepentingan.

Setiap manusia membutuhkan waktu tidur minimal 8 jam agar kehidupannya seimbang, bahkan kurang satu jam atau lebih bisa membuat hari-hari menjadi membosankan.

Beberapa makanan utama yang katanya bisa memicu insomnia merupakan makanan atau minuman yang bahan dasarnya kafein, alergi makanan, dan sensitif makanan. Ketika makan, sebagian dari kita tak bisa mengenali jika makanan itu sesuai dengan tubuh kita atau tidak.

Berikut beberapa makanan yang bisa menjadi penyebab utama insomnia seperti dikutip Boldsky, Senin (4/2/2013).

1. Makanan berkafein
Konsumsi kafein sudah menjadi bagian dari makanan sehari-hari. Teh, kopi, cokelat, dan minuman energi menjadi pembawa utama kafein.

2. Alkohol

Alkohol bertanggung jawab untuk dehidrasi yang mengarah pada terganggunya tingkat serotonin, yang menyebabkan sulit tidur. Masalah tidur terkai dengan kurang tidurdan frekeunsi bangun.

3. Makanan Berprotein tinggi

Makanan yang kaya protein, terutama daging merah yang sulit dicerna. Makanan ini mencegah tidur dengan menghambat produksi serotonin, yang membuat Anda terjaga sepanjang malam.

4.Makanan bergas


Makanan yang memproduksi gas dan maag bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman. Jika Anda ingin tidur nyenyak, jauhi makanan pedas dan yang memproduksi gas seperti kacang polong, kacang-kacangan, dan brokoli.

5.Makanan bergula

Kandungan gula yang tinggi bisa meningkatkan energi, ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan pola tidur. Makanan manis seperti kue, cokelat, dan makanan penutup meredakan suasana hati yang menjadi penyebab utama yang mengarah kurang tidurnya di malam hari.

6. Produk olahan susu


Produk susu mengandung susu tinggi lemak, dadih, keju, dan butter yang sulit dicerna. Selain itu, makanan jenis ini bisa membuat Anda merasa kekenyangan yang akhirnya menyebabkan mulas.

7. Makanan cepat saji


Makanan fast food merupakan jenis makanan yang tanpa diragukan lagi berpotensi menyebabkan insomnia. Makanan ini tak hanya tinggi lemaknya tapi juga pedas.

8. Rokok


Tembakau dan nikotin merupakan produk yang merangsang mood dan membantu memberikan bantuan langsung. Namun, produk ini tidak hanya buruk buat kesehatan, tapi juga menyebabkan insomnia.

9. Minum cairan
Terlalu banyak air memang bagus. Tapi sepanjang sore dan malam dianjurkan membatasi minum karena bisa membuat kembung dan sering ke toilet.

10. Makanan kemasan

Makanan olahan atau kemasan yang dikenal dengan senitive bisa menyebabkan mulas karena mengandung lemak tinggi.

Referensi : http://health.liputan6.com/read/503160/10-makanan-yang-bisa-bikin-insomnia

0 Response to "10 Makanan yang Bisa Bikin Insomnia"

Post a Comment