Yuk, Kenali Vitamin B Kompleks Lebih Dekat !

Yuk, kenali vitamin B kompleks lebih dekat!

Vitamin B kompleks adalah kelompok delapan vitamin paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita setiap hari. Sebenarnya ini merupakan satu vitamin yang dibentuk dari delapan nutrisi yang berbeda. Vitamin ini dibentuk oleh vitamin yang larut air sehingga tidak diserap tubuh sebagai lemak.

Delapan kelompok vitamin B kompleks antara lain adalah:
- Vitamin B1 (Thiamine)
- Vitamin B2 (Riboflavin)
- Vitamin B3 (Niacin)
- Vitamin B5 (Pantothenic Acid)
- Vitamin B6 (Pyridoxine)
- Vitamin B7 (Biotin)
- Folic Acid
- Vitamin B12

VItamin B kompleks bisa ditemukan di banyak jenis makanan. Beberapa makanan penghasil vitamin B terbaik adalah ikan, telur, daging, produk susu, gandum utuh, biji-bijian, serta sayuran berdaun hijau. Vitamin B kompleks merupakan vitamin yang halus dan mudah larut dalam air, sehingga Anda harus sangat berhati-hati ketika mencuci atau memasak makanan karena vitamin ini bisa dengan mudah rusak.

Vitamin B kompleks dibutuhkan oleh tubuh kita untuk proses metabolisme, menggunakan energi dari makanan, serta memproduksi sel darah merah. Selain itu, vitamin B juga dibutuhkan untuk menjaga sistem saraf pusat, meningkatkan kesehatan kulit dan saraf, serta memproduksi DNA dan membantu pertumbuhan tubuh.

Selain itu, vitamin ini juga dibutuhkan sebagai pencegah berbagai macam penyakit, sebagai berikut, seperti dilansir oleh Health Me Up (14/02):
- Thiamine dan riboflavin dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari katarak.
- Niacin membantu menurunkan risiko kanker mulut dan tenggorokan. Ini juga bisa melindungi tubuh dari diabetes melitus yang membutuhkan insulin.
- Mencegah anemia.
- Vitamin B12 melindungi tubuh dari kanker, demensia, dan depresi.

Meski begitu, jangan pernah mengonsumsi vitamin B kompleks secara berlebihan. Anda juga harus menyeimbangkan asupan vitamin ini dengan vitamin dan nutrisi lain yang dibutuhkan

Referensi : http://www.merdeka.com/sehat/yuk-kenali-vitamin-b-kompleks-lebih-dekat.html

0 Response to "Yuk, Kenali Vitamin B Kompleks Lebih Dekat !"

Post a Comment