Kemajuan teknologi pada zaman ini sudah menjamur di seluruh dunia, terlebih lagi bagi lembaga pendidikan pastinya memerlukan dan memakai topic materi pelajaran, system belajar, dll yang terkait erat dengan teknologi. Akan tetapi setiap alat yang dipakai oleh manusia memiliki dampak negative tertentu yang perlu kita waspadai, agara penggunaan dari teknologi tersebut dapat membeirkan manfaat sebagaimana fungsinya dan meminimalisir dampak negative yang ditimbulkan. Berikut dampat negative teknologi di bidang pendidikan yang perlu diperhatikan :
1. Mengganggu Perkembangan Anak dalam keadaan di lingkungan kelas. Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di hand phone (HP) seperti : kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah. Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek (curang) dalam ulangan/ujian. Bermain HP saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya.
2. Efek radiasi. Selain berbagai kontroversi di seputar dampak negatif penggunaannya,. penggunaan HP juga berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih berhati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan menggunakan HP secara permanen.
3. Rawan terhadap tindak kejahatan. Ingat, pelajar merupakan salah satu target utama dari pada penjahat. Apalagi HP merupakan perangkat yang mudah dijual, sehingga, anak-anak yang menenteng HP “high end” bisa-bisa dikuntit maling yang mengincar HPnya.
4. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa. Jika tidak ada kontrol dari guru dan orang tua. HP bisa digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur pornografi yang tidak mendidik moral generasi muda.
5. Pemborosan. Dengan mempunyai HP, maka pengeluaran anak akan bertambah, apalagi kalau HP hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan menjadi pemborosan yang saja. Hal ini mendidik anak menjadi senderung untuk membeli hal-hal yang tidak berguna
6. Pemalas, dengan kecangihan fitur teknologi maka seseorang akan mendidik menjadi pemalas untuk melakukan aktifitas lainnya. Hal ini akan berdampak malasnya anak untuk membantu orang tua.
7. Menciptakan lingkungan pergaulan sosial yang tidak sehat. Ada keluarga yang tidak mampu, tetapi karena pergaulan dimana teman-temannya sudah dibelikan HP sehingga mereka merengek-rengek kepada orang tuanya padahal orang tuanya tidak mampu, atau bahkan menimbulkan gank antara gank HP keren dan gank HP jadul atau yang belum memiliki. Hal ini mendidik masyarakat menjadi memiliki kasta di antara kehidupan sosial mereka
8. Membentuk sifat hedonisme pada anak. Ketika keluar gadget terbaru yang lebih canggih, mereka pun berburu gadget tersebut, padahal mereka sebenarnya belum memahami benar manfaat setiap fitur-fitur baru secara menyeluruh. Mendidik kita terhipnotis pada barang-barang mewah dan memiliki sifat pamer
9. Anak kita akan sulit diawasi, khususnya ketika masa-masa pubertas, disaat sudah muncul rasa ketertarikan dengan teman cowok/ceweknya, maka HP menjadi sarana ampuh bagi mereka untuk komunikasi, tetapi komunikasi yang tidak baik, hal ini akan mengganggu aktifitas yang seharusnya mereka lakukan, makan, belajar bahkan tidur ! Karena mereka asyik sms-smsan dengan teman lawan jenisnya.
10. efek sampingan jari yang kebanyakan memencet tombol ketika sms-an, bukankah ujung jari memiliki jutaan syaraf ? apalagi disaat anak-anak pada usia pertumbuhan, tentu kita tidak ingin pertumbuhannya terganggu gara-gara fungsi syaraf yang terhambat pertumbuhannya karena keseringan dipencet. Hal ini bisa mempengaruhi kerja otak mereka
B. Dampak negartif dari segi umum
1. Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.
Cybercrime Adalah kejahatan yang di lakukan seseorang dengan sarana internet di dunia maya yang bersifat.
• Melintasi batas Negara
• Perbuatan dilakukan secara illegal
• Kerugian sangat besar
• Sulit pembuktian secara hokum
2. Mendidik masyarakat untuk hidup mewah walau pada dasar kemampuannya mereka tak mampu tuk membeli gadget mahal. Hal ini membuat masyarakat untuk cenderung memaksakan kemampuan mereka untuk membeli gadget yang ia kehendaki.
3. Banyaknya penyedia layanan online yang tidak mendidik (pornografi, perjudian, penipuan) hal ini akan menjadikan tertarik, merasa peluang bisnis itu menguntungkan. Mendidik untuk menayangkan hal-hal yang tabu dan memberikan layanan yang tidak mendidik.
Sumber : Ukiparner.blogspot.com
0 Response to "Dampak Negatif Teknologi di Bidang Pendidikan "
Post a Comment