Pelecehan Seksual Pada Anak Bisa Timbulkan Gangguan Psikologi Sampai Dewasa

Mengapa kasus pelecehan seksual bisa dilakukan oleh korban  sendiri, hal itu bisa terjadi karena efek dendam dari  pelaku terhadap masa lalunya yang mengalami hal serupa.

Dan terparah adalah maraknya kasus pelecehan seksual di Banten beberapa bulan ini membuat para orangtua resah. Kalau sudah begitu terus bagaimana ?

Menurut Pisikolog RSUD Serang Tb Sake Prawira Sandjadirdja, S Psi mengakatak, kasus pelecehan seksual ataupun pencabulan di bawah umur  biasanya dilakukan oleh orang-orang dekat di sekelilingnya.

Bisa juga pelaku melakukan pencabulan karena tidak mempunnyai kepercayaan diri dan lebih memilih melakukan kepada anak kecil yang tidak tau apa-apa dan pasrah. Bisa juga karena pengalaman masa lalu tersangka yang pernah menjadi korban pelecehan seksual hingga menimbulkan rasa dendam.

Sedangkan dampak dari korban yang mengalami pelecehan seksual ataupun pencabulan akan berakibat baik fisik, psikologis maupun pengalaman traumatik yang bisa berakibat fatal kepada orang tersebut. Sepeti rasa tidak percaya diri, kemudian ada kemungkinan punya dendam di masa yang akan datang.

“Upaya yang baik bagi korban adalah melakukan pemulihan psikologis, karena efeknya tidak dirasakan pada saat ini, namun hingga dewasa nanti kejadian tersebut bisa teringat kembali oleh sang korban,” kata Sake.

So semoga artikel diatas bermanfaat bagi kita semua, bermanfaat bagi kami maupun anda sebagai pembaca. Kami ucapkan banyak terimakasih telah mengunjungi situs ini, jika ada kritik atau saran silahkan poskan dikotak komentar untuk menyempurnakan situs ini.

Oleh        : Psikolog Sake P Sandjadirja
Referensi : klik disini

0 Response to "Pelecehan Seksual Pada Anak Bisa Timbulkan Gangguan Psikologi Sampai Dewasa"

Post a Comment