Memahami Spina Bifida, Cacat Tabung Saraf


Kesehatan

Spina bifida adalah bagian dari kelompok cacat lahir yang sering disebut cacat tabung saraf. Tabung saraf adalah struktur embrio yang akhirnya berkembang menjadi otak bayi, sumsum tulang belakang dan jaringan yang menyertainya.

Biasanya, tabung saraf terbentuk sejak awal kehamilan dan menutup pada hari ke 28 setelah pembuahan. Bayi yang memiliki spina bifida, sebagian dari tabung sarafnya gagal untuk mengembang atau menutup dengan benar, menyebabkan cacat pada sumsum tulang belakang dan tulang-tulang pada tulang punggung.

Penyebab

Dokter belum dapat memastikan penyebab spina bifida. Spina bifida mungkin disebabkan oleh kombinasi faktor risiko genetik dan lingkungan, seperti riwayat penyakit keluarga dan kekurangan asam folat.

Gejala

Spina bifida terjadi dalam tiga bentuk, masing-masing bervariasi dalam tingkat keparahan, yaitu:

1. Spina Bifida Occulta
Hal ini merupakan bentuk paling ringan spina bifida yang menyebabkan pemisahan kecil atau kesenjangan dalam satu atau lebih tulang pada tulang belakang. Karena saraf tulang belakang biasanya tidak dilibatkan, kebanyakan anak dengan bentuk spina bifida tidak memiliki tanda-tanda atau gejala dan tidak mengalami masalah neurologis. Indikasi terlihat dari spina bifida occulta kadang-kadang dapat dilihat pada kulit bayi baru lahir di atas cacat tulang belakang, termasuk tumbuhnya seberkas rambut abnormal, kumpulan lemak, muncul lesung pipit kecil atau tanda lahir dan perubahan warna kulit.

2. Meningocele
Membran pelindung di sekitar saraf tulang belakang terdesak keluar melalui lubang pada tulang belakang. Karena tulang belakang berkembang secara normal, membran ini dapat dihilangkan dengan operasi dengan kerusakan sedikit atau tidak ada jalur saraf.

3. Myelomeningocele
Juga dikenal sebagai spina bifida terbuka, myelomeningocele adalah bentuk yang paling parah. Kanal tulang belakang bayi tetap terbuka sepanjang beberapa vertebra di punggung bawah atau menengah. Karena pembukaan ini, baik membran dan sumsum tulang belakang menonjol saat lahir, membentuk kantung di punggung bayi. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan saraf, seperti kelemahan otot, masalah pada usus dan kandung kemih, kejang, dan masalah pada tulang punggung.

Pengobatan

Pengobatan terhadap spina bifida tergantung pada beratnya kondisi. Spina bifida occulta sering tidak memerlukan pengobatan sama sekali, tetapi yang lain memerlukan pengobatan seperti operasi dan operasi prenatal.
Referensi

0 Response to "Memahami Spina Bifida, Cacat Tabung Saraf"

Post a Comment