Otak Anak Berkembang sampai 3 Tahun


Masa emas perkembangan otak anak dimulai sejak dalam kandungan hingga usia anak mencapai tiga tahun. Apa sajakah yang terjadi dalam otak anak pada saat tersebut?. Golden years merupakan masa di mana otak mengalami pertumbuhan dan perkembangan mengagumkan. Pada masa ini, sel-sel saraf otak balita berkembang sangat pesat.

"Pertumbuhan percabangan sel-sel otak paling cepat sejak kehamilan enam bulan sampai anak berumur tiga tahun. Sel-sel otak janin sudah tumbuh dan berkembang sejak bulan pertama dalam kandungan, kemudian membelah dengan cepat mencapai 100 miliar sel sambil berkembang sesuai tempat dan fungsi masing-masing," tutur Dr. Soedjatmiko, SpA(K), MSi, dalam seminar berjudul Nutrisi dan Stimulasi untuk Kecerdasan Anak di JIExpo, Jakarta, baru-baru ini.

Soedjatmiko menjelaskan, sejak kehamilan enam bulan, sel-sel tersebut membentuk banyak sinaps (hubungan antar sel otak) membentuk berbagai rangkaian fungsional (sirkuit) yang kompleks, ibarat rangkaian mikrocip komputer canggih.

"Kualitas sirkuit otak tergantung pada kualitas gizi dan rangsangan (stimulasi) yang didapat sejak dalam kandungan sampai umur tiga tahun pertama. Proses tersebut berlangsung sangat cepat dan kompleks sampai umur tiga tahun, setelah itu melambat pada usia sekolah dan remaja," jelasnya.

Karena itu, kebutuhan nutrisi dan stimulasi dini sangat penting, terutama sejak dalam kandungan sampai berumur tiga tahun.

"Semakin dini, sering, bervariasi, dan teratur rangsangan yang diterima bayi-balita (sejak hamil enam bulan sampai umur tiga tahun), maka semakin canggih dan kuat hubungan antar sinaps sel-sel otak kanan dan kiri," tutupnya.


Referensi : Okezon

0 Response to "Otak Anak Berkembang sampai 3 Tahun"

Post a Comment