Inilah Dampak Negatif Pelecehan Anak Yang Sangat Berbahaya


Semua jenis pelecehan dan penelantaran anak dapat meninggalkan bekas luka abadi. Beberapa bekas luka ini mungkin fisik, tetapi bekas luka emosional memiliki efek sepanjang hidupnya.

Merusak perasaan anak meliputi : kemampuan untuk memiliki hubungan yang sehat dan kemampuan untuk berfungsi atau beraktifitas di rumah, tempat kerja, sekolah.

Beberapa efek pelecehan dan penelantaran anak yang sangat berbahaya bagi kehidapan sosial dan beban psikologi anak tersebut adalah sebagai berikut :


1. Kurangnya kepercayaan dan kesulitan hubungan
Jika anda tidak dapat lagi percaya pada orang tua anda, trus apalah artinya hidup ini ?. Pelecehan oleh pengasuh utama dapat merusak hubungan mendasar dari makhluk sosial. Seorang anak akan aman bila mendapatkan kebutuhan fisik dan emosional dari orang yang bertanggung jawab untuk perawatan anak tersebut. Tanpa dasar ini, sangat sulit untuk belajar mempercayai orang atau mengetahui siapa yang dapat dipercaya. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan mempertahankan hubungan karena takut dikendalikan atau dilecehkan. Hal ini juga dapat menyebabkan hubungan yang tidak sehat karena ketika dewasa anak tersebut tidak tahu apa hubungan yang baik itu.

2. Perasaan hati menjadi "tidak berguna" atau "rusak."
Jika anda telah diberitahu berulang-ulang sebutan sebagai anak bodoh atau tidak baik, maka sangat sulit untuk mengatasi perasaan ini untuk melawannya. Anda mungkin pernah melihat atau mengalami peristiwa ini dalam dunia nyata. Nah jika anak tersebut sudah dewasa mungkin tidak akan berusaha lagi untuk melanjutkan pendidikan, atau mendapatkan pekerjaan yang membayar cukup secara tetap. Karena mereka tidak percaya bahwa mereka dapat melakukannya atau memiliki nilai lebih. Korban pelecehan seksual dengan stigma dan rasa malu seputar pelecehan, maka sering berjuang dengan perasaan yang rusak dan tidak percaya diri.

3. Kesulitan mengatur emosi.
Anak-anak dilecehkan tidak bisa mengekspresikan emosi dengan nyaman. Akibatnya emosi keluar dengan cara yang tidak terduga. Korban dewasa pelecehan anak dapat berjuang dengan kecemasan, depresi, atau kemarahan. Mereka mungkin beralih ke alkohol dan obat-obatan terlarang untuk mematikan rasa atau emosi yang keluar dari perasaan yang menyakitkan.

So semoga artikel diatas bermanfaat bagi kita semua, bermanfaat bagi kami maupun anda sebagai pembaca. Kami ucapkan banyak terimakasih telah mengunjungi situs ini, jika ada kritik atau saran silahkan poskan dikotak komentar untuk menyempurnakan situs ini.

0 Response to "Inilah Dampak Negatif Pelecehan Anak Yang Sangat Berbahaya"

Post a Comment