Tips Keamanan Para Pakar

Kata siapa hanya orang awam saja yang bisa terkena kejahatan cyber. Profesional IT pun bisa terjebak pada trik penjahat cyber. Namun, dari situlah mereka bisa berbagi pengalaman dengan untuk pengguna komputer, tentang berinternet yang aman. Berikut ini akan kami berikan tip-tip dari pakar IT agar aman berinternet.
Eugene Kaspersky, Direktur dan pendiri produsen antivirus Kaspersky
Setelah anaknya diculik akibat kecerobohan dalam mempublikasikan data pribadi melalui jejaring sosial, maka Kaspersky menganjurkan untuk berpikir dua kali atas apapun yang hendak Anda publikasikan di jejaring sosial.
Thorsten Holz, Peneliti keamanan sistem di Ruhr-Universitas Bochum
Login yang hanya menggunakan nama pengguna dan password mempermudah hacker. Dengan trojan keylogger, hacker akan dapat membaca setiap password dengan mudah.
Oleh karenanya, Thorsten Holz menganjurkan untuk menggunakan Facebook dan Google hanya dengan menggunakan verifikasi TAN melalui ponsel.
Mikko Hypponen, Pakar kryptografi, penulis newsletter 'Crypto-Gram'
Sejak tahun 90-an, kejahatan cyber merupakan bisnis miliaran Dollar dan pembuat virus membidik masyarakat. Dari situ Mikko Hypponen menarik pelajaran, program yang namanya tidak familiar (tidak terkenal) jarang masuk ke dalam sasaran penjahat. Maka sarannya, gunakan software yang tidak digunakan oleh jutaan pengguna lain. Ada banyak alternatif seperti Linux pengganti Windows 7, Foxit Reader pengganti Acrobat Reader, atau Opera pengganti IE.
Bruce Schneier, Pakar kryptografi, penulis newsletter 'Crypto-Gram'
Bila hidup Anda banyak berlangsung di komputer, kebocoran data akan semakin mudah terjadi. Untuk menghindari kebocoran data, lakukan selalu backup. Dengan backup yang disebar di beberapa media penyimpanan, keamanan data akan lebih terjaga.
Konstantin von Notz, politisi dari partai gabungan 90/Hijau
Konstantin von Notz, salah satu politisi dari partai Hijau di negara bagian Schlerwig, Holstein, Jerman, berjuang untuk keamanan email sebagai penghubung antara masyarakat dengan anggota dewan melalui email yang terenkripsi dan penyediaan aplikasi gratis untuk membukanya. Email terenkripsi memang selalu dibicarakan di tengah masyarakat. Komunikasi tanpa enkripsi tidak cocok dengan proteksi data. Email tanpa enkripsi dapat dibaca oleh siapa saja dalam jaringan.
Jacqueline Beauchere, Direktur proteksi terhadap cyber-mobbing dan pencurian ID di Microsoft
Anak-anak merupakan sasaran favorit pencuri ID. Jacqueline Beauchere, pakar keamanan Microsoft menemukan beberapa kasus pencurian ID atas nama anak-anak yang dapat membuat banyak kerugian. Oleh karenanya, Jacqueline menyarankan orangtua untuk selalu melakukan pemeriksaan berkala. Periksa daftar teman di jejaring sosial bersama anak Anda dan singkirkan kira-kira yang dapat membahayakan, karena beberapa kasus sudah sering terjadi, saahabat terbaik hari ini, bisa menjadi musuh utama di esok hari.
Brian Krebs, pakar keamanan untuk forum hacker dan pasar gelap
Brian Krebs telah belajar dari pengalaman buruk. Akibat dari kelalaiannya, sistem operasinya hancur karena hacker mengirimkan malware. Anda tidak pernah tahu yang dikirimkan orang melalui internet, bahkan oleh teman sekalipun. Oleh karenanya, lebih baik jika Anda menginstall program yang hanya Anda kenal dan benar-benar Anda inginkan.
Joanna Rutkowska, peneliti keamanan dan pengembang QubesOS
Mengatasi masalah pada akarnya adalah prinsip Joanna Rutkowska. Baginya, keamanan komputer harus dimulai dari hardware. Peneliti keamanan asal Polandia ini bisa berpendapat demikian karena bersama tim dari Invisible Things Lab, ia telah mengerjakan sistem operasi open source QuberOS yang sangat aman. Oleh karena itu, Joanna tidak menawarkan solusi keamanan yang umum dijual, tetapi dengan jawaban yang tepat atas pertanyaan. Contohnya, bagaimana sehari-hari berselancar di dunia maya dengan aman? Dengan demikian, Anda harus berupaya sendiri dan menggunakan berbagai perangkat untuk tugas-tugas yang berbeda. Satu dapat Anda gunakan untuk berselancar dan satunya lagi untuk bekerja, misalnya.
Richard Stallman, pendiri proyek GNU, Presiden pertama Free Software Foundation
Richard Stallman adalah pejuang tanpa lelah untuk aplikasi freeware. Tidak hanya itu, ia tidak menganggap dirinya pakar keamanan, tetapi tanpa henti ia memperingatkan banyak orang mengenai sebuah bahaya komputer. Baginya contoh terbaik adalah Windows karena Windows memiliki fungsi-fungsi monitor, borgol digital bagi file-file pengguna, dan celah keamanan. Oleh karena itu, ia pun menyarankan penggunaan freeware software bebas yang tidak lagi memata-matai penggunanya.
Stephen Pao, Presiden perusahaan Barracuda Networks
Setiap Stephen Pao mempekerjakan seorang karyawan baru, cofounder Barracuda Networks ini selalu mengawasi WLAN di perusahaan. Jika karywa baru tersebut berani melakukan login di Facebook tanpa proteksi HTTPS, software hacker Firesheep miliknya akan menghidupkan alarm. Selanjutnya, dengan mudah Pao login ke dalam profil Facebook yang bersangkutan untuk melihat serta mengubah berbagai data sesukanya. Pao hanya meninggalkan sebuah catatan khusus yang berbunyi "Kamu kan tahu, kamu bekerja di sebuah perusahaan keamanan IT? Gunakan HTTPS!" Tanpa HTTPS, biasanya data dikirim tanpa enkripsi antar website dan PC. Dalam sebuah WLAN terbuka, hal itu merupakan undangan bagi para hacker. Di Facebook, option settingnya ada di "Account Settings | Security | Secure Browsing". Jika Anda belum melakukannya, segera lakukan. Fungsi yang sama juga ditawarkan banyak layanan web lainnya.
Candid Wüest, analis keamanan di produsen Symantec
Suatu kesalahan akibat kurang hati-hati yang sebenarnya mudah dihindari. Tetapi karena tidak semua program keamanan mengenali setiap virus, maka Anda bisa menggunakan online scan. Layanan web virustotal.com misalnya, dapat memeriksa file dengan bantuan lebih dari 40 aplikasi virus scanner berbeda.
Sebastian Schreiber, White-Hat-Hacker dan Direktur SySS
Atas permintaan perusahaan, Sebastian Schreiber pernah menyusup ke dalam jaringan sebagai penguji. Namun, ia malah panik saat memasang aplikasi, tetapi ia lupa kodenya. Dengan melakukan trik sederhana, tetap saja ia tidak berhasil. Saat ini, tips dan trik sederhana yang ada sebenarnya sudah ketinggalan zaman. Untuk memproteksi komputer, Anda harus merawat dengan susah payah, membuatnya tidak rentan terhadap bahaya, dan harus berhati-hati di Internet. Tips dari Sebastian, jika seorang pakar menjanjikan sebuah solusi sederhana, selalu bersikap skeptis karena pakar sendiri juga tidak bebas dari kesalahan.
Sumber: CHIP

0 Response to "Tips Keamanan Para Pakar"

Post a Comment