Tips Agar Fungsi Otak Bekerja Maksimal




Mau tahu cara agar otak bisa bekerja lebih baik? Caranya gampang, sempatkanlah untuk melatih otak saat menjalani rutinitas harian.

Ya, hasil penelitian terbaru dari University of Texas di Dallas menemukan, seseorang yang menyempatkan waktu melatih otaknya bisa meningkatkan kesehatan dan mengurangi penurunan kognitif.

"Dalam studi itu, orang-orang yang menghabiskan tiga jam seminggu untuk belajar dan berlatih teknik otak, seperti menyaring detail yang berlebihan atau yang tak perlu dalam membuat keputusan. Kemudian setelah 12 minggu, peneliti menemukan bahwa para responden memiliki dorangan delapan persen aliran darah ke otak, yang merupakan sebagai penanda kesehatan otak mulai menurun pada usia 20-an," kata  Sandra Obligasi Chapman, Ph.D. selaku penulis penelitian tersebut, sebagaimana dilansir okezon.com.

Hasil penelitian itu pun sebenarnya bisa diperdebatkan karena peserta penelitian berusia lebih tua yaitu usia 56 sampai 71 tahun.  Tetapi prinsipnya, pelatihan otak bisa menguntungkan siapa saja.

 "Otak sangat sensitif terhadap rangsangan. Dengan stimulasi terus berulang, Fungsi otak akan menguat ," kata Gary Small, MD, Direktur UCLA Longevity Center dan rekan penulis Program Pencegahan Alzheimer .

Layanan populer seperti Lumosity, yang menggunakan game untuk memperkuat aspek kinerja otak, sangat besar untuk meningkatkan memori, kata Dr. Small. Tapi Anda juga bisa mengikuti beberapa trik sederhana untuk melatih otak mendapat fungsi yang terbaik. Mau tahu? Ulasan lengkapnya, ialah sebagai berikut:

Selalu mengambil waktu istirahat

Menjauhi sementara dari tekanan tugas harian selama tiga sampai lima menit akan meningkatkan produktivitas Anda. Penelitian menunjukan bahwa mengambil waktu rehat sejenak untuk meredakan ritme fungsi otak, sangat memungkinkan seseorang lebih banyak mendapat ide brilian berikutnya.

Berhenti multitasking ( mengerjakan dua pekerjaan sekaligus dalam satu waktu)

Bekerja lebih dari satu hal pada suatu waktu menempatkan otak Anda untuk overdrive, yang akan melelahkan lobus frontal, atau memperlambat efisiensi dan kinerja otak. Pecahkan proyek-proyek besar dalam interval 15 menit, dan fokus hanya pada satu proyek pada suatu waktu.

0 Response to "Tips Agar Fungsi Otak Bekerja Maksimal "

Post a Comment