Apple Masih Jadi Perusahaan Paling Inovatif

Tahun ini lembaga Boston Consulting Group (BCG) di Amerika Serikat kembali merilis daftar perusahaan paling inovatif di dunia. Meski dianggap minim inovasi namun Apple masih keluar sebagai jawara di tahun ini.

Prestasi ini adalah untuk kesembilan kalinya bagi Apple mendapatkan gelar perusahaan paling inovatif dari BCG. Berada di bawah Apple ada si musuh bebuyutannya, Samsung. Perusahaan asal Korea Selatan ini mengalami kenaikan cukup pesat karena masih menempati posisi 26 pada 2008 lalu.

Samsung sendiri harus bangga bisa menjegal Google yang tahun ini harus puas menghuni posisi ketiga. Padahal Google sudah selama 7 tahun berturut-turut, sejak 2006, berada di urutan nomor 2. Sedangkan rival Samsung dari senegaranya, LG, hanya berada di urutan ke-25, seperti dilansir dari wowkeren.com.

BCG memuji lompatan Samsung ini bisa diraih berkat kepemimpinan Lee Kun-Hee yang membawa perusahaannya semakin inovatif dari tahun ke tahun. Komitmen kepemimpinan di dalam tubuh Samsung inilah yang membuat BCG terkesan. "Laporan ini menempatkan lima faktor yang menjadikan kekuatan inovasi yaitu komitmen manajemen senior, kemampuan mengembangkan properti intelektual, fokus pada konsumen, manajemen portofolio inovasi dan proses yang baik," demikian tertulis dalam pernyataan.

BGC mengurutkan ranking ini dengan melakukan survei global pada sekitar 1.500 eksekutif senior dari berbagai latar belakang industri. Perusahaan teknologi memang dominan menempati posisi atas. Hanya ada satu dari perusahaan otomotif yang menempati posisi kelima yakni Toyota dari Jepang.

0 Response to " Apple Masih Jadi Perusahaan Paling Inovatif"

Post a Comment